Dompet Dhuafa Hadirkan Gerakan Humanesia Untuk Masalah Kemanusiaan

Peluncuran Kampanye Humanesia #BeraniBerbagi Selasa (3/12/2019) di Jakarta. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Berangkat dari sejumlah masalah kemanusiaan dan masalah bencanaan yang terjadi di Indonesia. Di penghujung tahun 2019 ini, Dompet Dhuafa menggalakkan gerakan Humanesia, bertajuk #BeraniBerbagi. Kampanye ini mengajak masyarakat di penghujung tahun, untuk lebih peduli dan mengajak berbagi dalam kebaikan.

Gelaran Humanesia #BeraniBerbagi ini juga melibatkan kolaborasi dari sejumlah elemen masyarakat yang ingin berbagi pada sesama.

“Dompet Dhuafa (DD) sangat konsen terhadap peristiwa kemanusiaan. Sebagai lembaga kemanusiaan dunia, DD mengelola dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf untuk para penerima manfaat korban bencana dan kemanusiaan. Melalui dana zakat Dompet Dhuafa membantu dengan memberikan logistik dan pelayanan kesehatan, bahkan hingga tahap akhir yakni recovery atau pemulihan, dengan memberikan program-program pemberdayaan kepada penyintas untuk kembali mandiri dan berdikari,” ucap Yuli Pujihardi Direktur Mobilisasi Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) Dompet Dhuafa disela acara peluncuran Kampanye Humanesia #BeraniBerbagi Selasa (3/12/2019) di Jakarta.

Untuk itu, Dompet Dhuafa turut bersinergi dan berkolaborasi dengan sejumlah pihak untuk memudahkan masyarakat berdonasi dan membagi manfaat pada sesama. Salah satunya dari Bank CIMB Niaga Syariah.

Baca juga :   Pasar Smart Home Akan Tumbuh Pesat di Indonesia

“Dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin berdonasi uang untuk kemanusiaan, kami menyediakan layanan pembayaran melalui digital. Sebelumnya CIMB Niaga Syariah menyediakan layanan pembayaran wakaf uang secara digital,” ucap Maryana Yunus (Assistant Vice President Philantrophy & Islamic Community Specialist Syariah Banking).

“Diharapkan kolaborasi ini bisa memudahkan masyarakat untuk bisa lebih banyak berbagi dan #BeraniBerbagi,” sambung Yuli Pujihardi.

Menurut data peristiwa bencana yang terjadi sepanjang Januari-September 2019 yang direkap Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), telah terjadi 2.829 kejadian bencana dengan 464 korban meninggal dan hilang, 1.826 korban luka, 5.075.783 mengungsi dan terdampak. Angka tersebut mengalami kenaikan dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pada 2018, sekitar 2,574 bencana terjadi. Lalu di 2017 mengalami sedikit kenaikan menjadi 2.391 kejadian bencana dan Di 2016, angka kejadian bencana berada di angka 2.306 kejadian bencana.

“Dalam hal ini, Dompet Dhuafa mengajak para masyarakat untuk partisipasi donasi di akahir tahun yang euforia untuk memikirkan liburan. Banyak para penyitas bencana yang masih memerlukan donasi untuk perbaikan kehidupan sebelum bencana terjadu,” kata Eka Suwandi wakil humanesia dan divisi Respon & Recovery Disaster Management Center Dompet Dhuafa.

Baca juga :   Penggalangan Dana Online Tumbuh di Era Digital

FAHRUL ANWAR