youngster.id - Sebagai upaya mendukung bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM), yang setiap tahun jumlahnya terus meningkat, PT XL Axiata, Tbk (XL Axiata) bekerja sama dengan Sleekr menghadirkan solusi digital bisnis UKM berupa Layanan Solusi Bisnis UKM.
Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, saat ini terdapat sekitar 59 juta UKM di Indonesia, mulai dari kegiatan usaha secara mandiri (self-employed) hingga pengusaha (entrepreneur) yang dulunya berasal dari bisnis pemula (startup) dan mampu mengembangkan usahanya. Jumlah pelaku usaha industri UKM ini terus meningkat setiap tahunnya.
Menyikapi pertumbuhan bisnis UKM tersebut, XL Axiata menggandeng penyedia aplikasi software HR dan Akuntansi Sleekr untuk menawarkan solusi digital: Layanan Solusi Bisnis UKM.
“Melalui Layanan Solusi Bisnis UKM ini kami yakin dapat menjadi alternatif solusi bagi para pelaku usaha untuk mendorong perkembangan usaha mereka dengan didukung oleh aplikasi digital yang lebih praktis tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Diharapkan dengan solusi digital yang kami tawarkan dapat meningkatkan produktivitas usaha secara menyeluruh terutama dari sisi sistem manajemen sumber daya manusia dan keuangan,” ujar Bambang Parikesit, VP Region XL Axiata Jabodetabek.
Dijelaskan Bambang, Layanan Solusi Bisnis UKM memberikan paket komunikasi XL PRIORITAS yang terjangkau. Antara lain, mulai harga Rp 100 ribu pelanggan akan mendapat kuota 12 GB, gratis chatting (WhatsApp, Line, BBM) tanpa batas dan bebas nelpon ke semua operator yang tentunya dapat memudahkan komunikasi bisnis.
Selain itu, XL Axiata juga memberikan benefit bebas memilih nomor cantik maupun nomor pilihan tertentu dan one bill letter melalui email untuk memudahkan pengurusan berlangganan. Untuk pelanggan yang berlangganan dengan total tagihan minimal Rp 1 juta/bulan dan minimal 4 nomor, XL Axiata akan memberikan akses gratis aplikasi Sleekr setiap bulan.
Sebagai aplikasi penyedia software HR dan Akuntansi, Sleekr sendiri memiliki dua produk unggulan, Sleekr HR dan Sleekr Accounting. Sleekr HR, merupakan software yang membantu manajemen sumber daya manusia meliputi, absensi dan database HR, sistem penggajian karyawan mencakup BPJS dan PPH21, manajemen cuti dan klaim karyawan hingga fasilitas koneksi dengan mobile apps karyawan. Sleekr Accounting, merupakan software akuntansi yang membantu pengelolaan akuntansi keuangan perusahaan, mulai dari modul penjualan hingga invoice penagihan, pengelolaan inventaris dan gudang, laporan keuangan dan rasio serta rekonsiliasi perbankan.
“Sleekr berharap kerjasama ini dapat memberikan kontribusi untuk mendukung perkembangan bisnis UKM di Indonesia. Tentunya dengan menghadirkan solusi terbaik pengelolaan manajemen sumber daya manusia serta keuangan bisnis didukung dengan koneksi internet yang mumpuni, untuk menciptakan UKM yang siap bersaing di era digital,” imbuh Direktur Teknologi sekaligus co-founder Sleekr, Agung Harry Purnama.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post