E-commerce Ini Fokus Pikat Kaum Hawa

(ki-ka) Teddy Arifianto (Head of Corp Communication & Public Affairs JD.ID), Eunike Ardelia (Manager of Partnership JD.ID), Grace Juli (Head of Home Living JD.ID) dan Stephanie Susilo (Head of Fashion, Sports and Lifestyle JD.ID). (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Konsumen wanita memiliki peran penting dalam sejumlah kegiatan belanja dalam keluarga. Potensi ini membuat e-commerce yang terafiliasi dengan JD.ID menjadikan kaum hawa sebagai fokus bisnis.

Untuk menunjang kegiatan bisnis ini JD.ID meluncurkan layanan Urban Sisterhood. Ini adalah layanan yang berfokus pada sejumlah kategori khusus untuk kebutuhan konsumen dari kalangan perempuan urban.

Teddy Arifianto, Head of Corporate Communications and Public Affairs JD.ID mengatakan, konsep sisterhood mengusung empat tahapan: Inspire – Involve – Engage dan Empower.

“Urban Sisterhood ini lahir dari perbandingan konsumen pria dan wanita hampir selalu 2 berbanding 1. Ini sesuai dengan tren dunia yang makin mengakui dan mencatat peranan perempuan terutama di kawasan urban menjadi fakta yang tak terbantahkan. Bagi kami di JD.ID, ini lah momentum yang baik untuk memberikan pelayanan dan fokus pada kebutuhan kaum perempuan yang memiliki banyak peranannya ini,” ucap Teddy pada peluncuran Urban Sisterhood Kamis (3/8/2017) di Veranda Hotel, Jakarta.

Dia memaparkan, berdasarkan data internal konsumen JD.ID yang diamati sepanjang 2017, dari sisi jender, hari Jumat adalah hari favorit pelanggan wanita untuk berbelanja aneka kebutuhan di JD.ID mulai dari kebutuhan rumah tangga, hingga aksesoris pelengkap lainnya. Menariknya lagi, biasanya waktu sekitar jam 12 hingga jam 1 siang adalah momen yang dimanfaatkan pelanggan wanita untuk melakukan transaksi di JD.ID, dengan nilai rata-rata belanja di keranjang belanja sebesar Rp 2,1 juta per bulan Juli 2017 lalu, atau rata-rata sekitar Rp 2.4 juta sepanjang tahun 2017 ini saja.

Melihat hal itu, kata Teddy, maka e-commerce ini pun memutuskan untuk menghadirkan layanan bagi lima kategori khusus untuk konsumen perempuan, yaitu ibu, bayi dan mainan; Fashion; Home living; Household dan Virtual voucher.

Menurut dia, kategori Ibu, Bayi dan Mainan adalah kategori terlama dan paling populer di JD.ID. Kategori Fashion adalah yang terbaru diluncurkan sejak Februari 2017, ia pun berkolaborasi dengan beberapa desainer ternama seperti Itang Yunasz dan Rani Hatta.

Kategori Home Living dan Household juga menawarkan berbagai produk pilihan dalam brand premium seperti King Koil dan Luminarc. Kategori ini pun diungkap sedang mengembangkan label pribadi di bawah JD.ID agar konsumen bisa membeli barang berkualitas tetapi dibanderol dengan harga kompetitif.

Salah satu kategori terbaru yang muncul tak lain adalah Virtual Voucher, yang menyediakan beragam voucher diskon, layanan pembelian tiket pesawat, tiket bioskop, tiket konser, dan masih banyak lagi. Saat ini, kategori tersebut sudah menyediakan voucher lebih dari 200 tenant favorit di seluruh Tanah Air.

“Kelima kategori ini diharapkan dapat membantu para perempuan menjalani gaya hidup urban masa kini yang menuntut segalanya untuk dapat tersedia secara praktis dan cepat,” ujar Teddy.

STEVY WIDIA