Emille Junior : Optimalkan Bisnis Resto Dengan Teknologi

Emille Junior, Co-founder & CEO Eresto (Foto: Dok. Pribadi/youngster.id)

youngster.id - Sejatinya, kehadiran teknologi ditujukan untuk memampukan dan mengoptimal suatu proses bisnis. Termasuk bisnis food and baverage (F&B). Betapa tidak, kini berkat teknologi enterprise resource planning (ERP) para pengusaha F&B juga dapat mengoptimalkan bisnisnya.

Restoran merupakan bidang bisnis yang melayani publik. Bisnis restoran mirip seperti bisnis manufaktur atau seperti sebuah pabrik. Bedanya, bisnis restoran akan lebih sering bertemu dengan pelanggan. Tingkat kepuasan dan pengalaman pelanggan merupakan faktor penentu kelangsungan bisnis restoran.

Oleh karena itu, para pemilik sebuah restoran tidak hanya wajib untuk memenuhi setiap kebutuhan dan keinginan para pelanggan mereka, tetapi juga segala aspek yang ada di dalam restorana tersebut. Antara lain para karyawan, para pemasok bahan bakau, dan lain sebagainya, agar semuanya berjalan sesuai dengan keinginan. Bahkan, bisnis restoran sangat memerlukan kejelasan proses bisnis dan kerapihan sistem, serta perlu perancangan yang kuat.

Ini bukanlah hal yang mudah, terutama bagi pengusaha restoran yang baru berkembang. Untuk infrastruktur teknologi informasi restoran harus ditingkatkan dan dikaji dari waktu ke waktu. Namun berkat teknologi ERP, masalah yang kompleks ini dapat dipermudah. Potensi teknologi itulah yang ditawarkan oleh startup Eresto.

Baca juga :   M. Firdaus Abdulloh : Bikin Tenun NTB Mendunia Lewat Sepatu Selo

“Saya melihat masih banyak sekali proses bisnis yang bisa dioptimalkan dengan pengaplikasikan teknologi, dan sayangnya masih banyak yang belum melek soal ini. Waktu kita ini kan terbatas, apalagi di bisnis. Makanya ada istilah time is money. Seharusnya dengan bantuan teknologi, para pengusaha bisa menggunakan waktu dan resource-nya kepada hal-hal yang lebih strategis. Termasuk dalam bisnis restoran,” ucap Emille Junior, Co-founder sekaligus CEO Eresto kepada youngster.id belum lama ini di Jakarta.

Emille berpendapat salah satu kendala bagi pebisnis restoran pemula merupakan persoalan manajemen. Tidak sedikit restoran maupun kafe kecil yang gulung tikar pada tahun kedua akibat persoalan itu.