Facebook Indonesia Gelar Pelatihan Fasilitas Digital Bagi UKM

Pelatihan Pemasaran Digital IWAPI dengan Facebook . (Foto: SME/Youngsters.id)

youngster.id - Facebook Indonesia memberikan pelatihan bagi sekitar 300 pelaku usaha kecil menengah di Makassar. Pelatihan ini agar pelaku UKM dapat lebih maksimal fasilitas digital dalam rangka meningkatkan kapasitas usaha.

Kegiatan yang menjadi bagian dari kampanye Lagu Digital itu diharapkan bisa meningkatkan kuantitas pelaku UKM yang memperluas jangkauan pemasaran melalui saranan media sosial berplatform digital.

Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Rubben Hattari mengatakan kegiatan yang berbalut lokakarya itu menjadi wadah bagi perusahaan untuk lebih memasifkan edukasi digital terutama yang pengguna platfotm berorientasi produktif, yakni UKM.

“Sebenarnya tidak hanya UKM, tetapi juga diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan melalui pemanfaatan keterampilan digital. Termasuk pula komunitas-komunitas agar lebih efektif mencapai tujuannya melalui pemanfaatan internet,” ungkapnya dalam keterangan pers, Jumat (19/10/2018).

Ruben berharap agar keberadaan Facebook tidak hanya sekadar platform penghubung pengguna dengan kerabat dan keluarga, tetapi juga dipergunakan lebih dalam untuk meningkatkan daya saing UKM, kapasitas individu maupun efektivitas komunitas digital di Makassar.

Baca juga :   Workplace dari Facebook Telah Diadopsi 14.000 Perusahaan

Untuk skala lebih luas terutama dalam cakupan wilayah timur, implementasi dari kampanye Laju Digital di Makassar itu bisa memberikan efek berantai terhadap literasi digital di timur Indonesia yang relatif masih rendah jika dibandingkan dengan wilayah barat.

Kampanye tersebut menyasar 3.000 unit usaha yang tersebar di 15 kota Indonesia, termasuk beberapa kota di belahan timur yaitu Gorontalo, Kupang, Manokwari, dan Mataram.

“Makassar sendiri menjadi kota ketiga penyelenggaraan kampanye Laju Digital sejauh ini. Kami berkomitmen membantu UKM dan komunitas hingga pelosok,” ujarnya.

Khusus di Makassar sendiri, pelaku UKM yang telah memanfaatkan Facebook sebagai paltform digital guna meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pasar, terus mengalami pertumbuhan cukup tinggi dalam beberapa waktu terakhir.

 

STEVY WIDIA