Facebook Kucurkan Rp1,5 Triliun Bagi UMKM Indonesia

Facebook Indonesia gelar Mobile Moves Commerce Indonesia. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Facebook turut memberdayakan untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), mereka dengan menggelar beragam kelas dan pelatihan termasuk mengenai pemasaran digital. Bahkan untuk itu media sosial ini mengucurkan dana investasi hingga US$1 juta.

Director of SMB, Southeast Asia Facebook Sarita Singh menyebut perusahaan berbasis di Amerika Serikat tersebut menginvestasikan sekitar Rp1,5 triliun untuk program pelatihan bagi pelaku UMKM termasuk yang ada di Tanah Air.

Menurut dia Facebook tak hanya menyediakan layanan iklan bagi pebisnis. Head of Emerging Business and SMB Indonesia and Philippines Ferdy Nandes menjelaskan beberapa program Facebook terkait dengan UMKM misalnya pelatihan dan lokakarya seputar pemasaran digital, iklan Facebook, dan Blueprint.

“Di Facebook, kami menghargai pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah. Mereka adalah penggerak mesin perekonomian Indonesia dan juga denyut jantung komunitas kami,” katanya belum lama ini di Jakarta.

Ferdy menjelaskan, Facebook telah bekerja sama dengan delapan mitra edukasi untuk memberikan pelatihan di seluruh Indonesia kepada lebih dari 15.000 UMKM di lebih dari 20 kota di seluruh Indonesia secara offline dan online termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Jambi, Batam, Bandar Lampung, Samarinda, dan lain-lain.

Baca juga :   Aplikasi Ini Tawarkan Solusi Pembayaran Pajak UKM

Adapun berdasarkan laporan riset mengenai dampak penggunaan Facebook bagi UMKM yang dilakukan Facebook bersama firma survei dan riset pasar Morning Consult, menyebut bahwa 80% dari UKM di Facebook mengatakan mereka telah meningkatkan penjualan karena platform Facebook.

Laman-laman yang dibuat oleh para pelaku usaha kecil dan menengah menjadi peluang ekonomi bagi jutaan orang, memberikan manfaat bagi masyarakat pada umumnya melalui produk dan layanan yang ditawarkan, dan seringkali menjadi sarana bagi pelakunya untuk berkumpul dan bersosialisasi.

 

STEVY WIDIA