Festival Srikandi Nusantara Tingkatkan Pemberdayaan Perempuan di Sektor Ekonomi

Para pembicara di Festival Srikandi Nusantara Jakarta. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Belakangan ini digitalisasi telah membuka banyak peluang bagi pemberdayaan perempuan dan partisipasi perempuan dalam industri bisnis yang lebih setara. Untuk itu Bukalapak melalui Komunitas Srikandi Bukalapak menggelar festival bagi kaum perempuan di Indonesia.

Menurut Kementerian PPN/Bappenas, perempuan memiliki peranan penting dalam perekonomian. Untuk itu, peningkatan kualitas hidup dan peran perempuan merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan bangsa. Hal ini senada dengan data yang dirilis oleh Mckinsey Global Institute yang mengatakan bahwa Indonesia akan menjadi negara dengan tingkat ekonomi terbesar ke-7 pada 2030 dan salah satu syaratnya adalah dengan meningkatkan pemberdayaan perempuan di sektor ekonomi.

Menyadari hal tersebut, Bukalapak sebagai salah satu perusahaan yang berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian Indonesia melalui pemberdayaan UMKM, merangkul seluruh perempuan di Indonesia untuk sama-sama mewujudkan mimpi besar ini.

Chief Financial Officer Bukalapak, Natalia Firmansyah, menyatakan sebagai salah satu langkah besar dalam mewujudkan komitmen Bukalapak untuk memberdayakan ekonomi perempuan ini, Bukalapak menggelar Festival Srikandi Nusantara bertajuk “Buka Kesempatan untuk Perempuan Indonesia”.

Baca juga :   Bukalapak Programming Contest 2016 Rekrut 100 Mahasiswa IT

“Di Bukalapak kami percaya bahwa teknologi membuka banyak peluang bagi pemberdayaan dan partisipasi perempuan. Festival Srikandi Nusantara ini kami persembahkan untuk seluruh perempuan di Indonesia agar dapat memaksimalkan potensi dirinya melalui beragam kegiatan yang kami hadirkan. Selain itu, harapannya kegiatan ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi dan wadah untuk saling berkembang antar womenpreneur di Indonesia,” jelas Natalia dalam keterangannya Minggu (11/11/2018) di Jakarta.

Kegiatan yang berlangsung di Kota Kasablanka, Jakarta ini diisi oleh sederet sosok inspiratif, di antaranya Natalia Firmansyah CFO Bukalapak, Diajeng Lestari, Founder dan CEO Hijup, Hanifa Ambadar, Founder dan CEO Female Daily Network, Dewi Motik Pramono, Duta Koperasi dan Ketua Umum IWAPI, serta Euginie Patricia, Co-Founder dan Creative Director Puyo Desserts.

Bukalapak juga secara konsisten melakukan berbagai kegiatan guna memicu semangat perempuan untuk terus berkarya, diantaranya rangkaian Workshop Srikandi Bukalapak yang telah diselenggarakan di lima kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Makassar, Bandung, Semarang, dan ditutup dengan Festival Srikandi Nusantara ini sebagai puncak rangkaian.

Baca juga :   DBS Gelar Bulan Inovasi: DIGISPARK

“Saat ini jumlah Srikandi Pelapak Bukalapak telah mencapai lebih dari 300 pelapak di seluruh Indonesia, dan melalui Festival Srikandi Nusantara ini kami berharap angka para Srikandi Pelapak akan terus bertambah. Karena peran perempuan di era modern ini sangat penting untuk membangun bangsa melalui kemajuan UMKM Indonesia,” tambahnya.

STEVY WIDIA