Gelaran Event Skala Menengah Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Eksplorasi Tren Industri Hiburan 2019 Bersama LOKET. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Bisnis event creator merupakan bagian dari industri kreatif yang terus berkembang hingga ke daerah-daerah. Meski terkesan kecil, misalnya gelaran event festival musik daerah, drama musikal, pameran lukisan, kelas memasak dan lain sebagainya, turut mendorong tumbuhnya ekonomi baru, yakni melalui sektor F&B, penginapan hotel, merchandise, hingga transportasi.

Berangkat dari itu, Loket memutuskan untuk ambil bagian dari kegiatan event creator di daerah. Anvid Erdian VP Business Development LOKET memaparkan, lewat kemudahan yang ditawarkan dalam platform unggulan Loket.com, telah tercatat pertumbuhan jumlah Event Creator di kuartal pertama tahun ini sebanyak hampir 2.000. Menariknya, 87% merupakan Event Creator baru yang sebelumnya belum pernah membuat event. Selain itu, terdapat lebih dari 3000 event yang diatur secara mandiri menggunakan platform unggulan Loket.com hanya dalam waktu empat bulan saja terhitung sejak awal tahun 2019.

“Kami merasa sangat bangga bahwa kemudahan yang ditawarkan melalui platform unggulan Loket.com telah mendorong banyak masyarakat untuk tampil sebagai Event Creator yang turut mendorong perekonomian di daerah mereka. Di periode kuartal pertama ini pula kami mencatat milestone dimana sebanyak 1.000 event baru terbentuk hanya dalam satu bulan saja pada Maret 2019. Tidak hanya itu, Event Creator yang bekerjasama dengan Loket.com juga menjangkau kalangan Sekolah Menengah Atas (SMA) dimana sampai dengan April 2019 telah tercatat hampir 100 event pentas seni (pensi) yang terselenggara melalui LOKET,” jelas Anvid dalam keterangannya, Jumat (17/5/2019) di Jakarta

Baca juga :   Loket Ingin Merevolusi Industri Hiburan Dengan Inovasi Teknologi

Meskipun demikian, dia mengungkapkan bahwa saat ini platform unggulan Loket.com dapat dikatakan masih berada di permulaan dari tujuan besar untuk mendorong lebih banyak masyarakat berani tampil sebagai Event Creator.

“Ke depan, kami akan terus berinovasi dalam hal layanan dan produk yang ditawarkan, sehingga LOKET dapat terus membantu lebih banyak Event Creator untuk meramaikan industri event dan hiburan, serta mendukung siapapun untuk lebih aktif berkarya dalam menciptakan kegiatan-kegiatan yang positif. Diharapkan melalui penyelenggaraan event berskala menengah dan kecil yang terus tumbuh di daerah dapat menjadi salah satu sektor penunjang ekonomi daerah dan secara perlahan mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional,” ungkap Anvid lagi.

Dalam rangka mempermudah masyarakat dalam membuat dan mengelola event berbuka puasa dengan cara lebih seru dan praktis, LOKET meluncurkan program khusus “Pekan Bukber LOKET” yang telah dibuka sejak tanggal 6 Mei hingga 20 Mei 2019. Dalam program ini, komunitas dan individu di Jakarta berkesempatan mendapat tempat bukber gratis di arena GO-FOOD Festival Gelora Bung Karno dan mendapatkan voucher senilai Rp500.000 bagi 7 kelompok pemenang.

Baca juga :   Firstmedia Hadirkan Cinema Kualitas Dunia

STEVY WIDIA