Gojek Buka Akses Untuk Muslimat NU Cirebon ke Ekonomi Digital

Program Gojek Wirausaha di kota Cirebon, Jawa Barat. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sebagai bagian dari kolaborasi Gojek dan Nahdlatul Ulama, Gojek telah memberikan pelatihan berbisnis menggunakan teknologi melalui program Gojek Wirausaha ke lebih dari 1.200 anggota Muslimat NU, termasuk anggota di kota Cirebon.

Wildan Kesuma, Head Regional Corporate Affairs Gojek menyampaikan, salah satu fokus utama Gojek adalah untuk memperkuat pelaku UMKM dan sektor informal. Gojek Wirausaha secara khusus dikembangkan oleh Gojek untuk mengakselerasi UMKM supaya naik kelas. Berbeda dengan pelatihan lain, kurikulum Gojek Wirausaha dirancang secara khusus untuk menjawab banyaknya tantangan yang dihadapi UMKM, diantaranya adalah dalam memulai usaha serta meningkatkan skala bisnisnya melalui teknologi digital.

“Melalui kegiatan ini, kami kembali menggandeng Muslimat NU yang merupakan salah satu organisasi perempuan terbesar di Indonesia di bidang sosial keagamaan dan kemasyarakatan. Kami sangat antusias berkolaborasi dengan Muslimat NU terutama melihat semangat tinggi dari para anggotanya Untuk berkembang menjadi pengusaha,” ungkap Wildan dalam keterangannya, Senin (21/10/2019).

Menurut dia, kerja sama Gojek dan Gopay dengan MNU yang bertujuan untuk percepatan akselerasi pertumbuhan ekonomi umat berbasis digital di Indonesia telah terjalin sejak 2018. Kerja sama tersebut tidak terbatas pada pelatihan wirausaha yang ditujukan pada lebih dari 30 juta anggota MNU se-tanah air, namun mencakup kerja sama strategis yang lebih luas melalui sedekah digital dengan GoPay.

Baca juga :   BazArt 2016, Pameran Desain Seni dan Deko 100% Lokal

“Gojek berkontribusi dalam dua hal utama, meningkatkan daya saing UMKM binaan Muslimat NU melalui pelatihan Gojek Wirausaha, serta mendukung digitalisasi ekosistem Nahdlatul Ulama melalui GoPay. Dengan teknologi kami, Gojek membantu UMKM memperluas pasarnya, membantu pembukuan keuangan, meningkatkan inklusi keuangan, serta menekan biaya operasional dengan adanya layanan yang lebih efisien,” tambah Wildan.

Secara total, Gojek Wirausaha telah melatih lebih dari 15 ribu UMKM se-Indonesia di 16 kota di Indonesia, melalui kolaborasi dengan 26 komunitas dan institusi pemerintah. Cirebon sendiri merupakan kota ke-9 untuk pelatihan Gojek Wirausaha bagi anggota Muslimat NU. Per Oktober 2019, sudah lebih dari 1.200 anggota Muslimat NU se-Indonesia yang mengikuti pelatihan Gojek Wirausaha.

STEVY WIDIA