Grace Natalia : Bisnis Romantis Yang Tak Tabu Lagi

youngster.id - Kebutuhan manusia tak hanya sebatas produk sandang dan papan. Ada juga kebutuhan lain di luar dari itu. Salah satunya adalah produk romantis yang bersifat pribadi dan intim. Awalnya terkesan tabu untuk dibawa ke ranah publik, namun kini kebutuhan ini bisa didapatkan lewat e-commerce romantis.

Kehadiran e-commerce romantis ini menjadi jawaban dari kebutuhan masyarakat yang selama ini masih malu-malu jika terlihat berbelanja kebutuhan produk pribadi tersebut di gerai ritel atau toko offline. Kini, berbagai produk alat kontrasepsi seperti kondom, suplemen vitalitas, hingga produk perawatan organ vital ini bias dibeli secara online melalui platform Asmaraku.com.

Dan, sebenarnya di e-commerce ini dijual berbagai produk lain terkait dengan menciptakan hubungan romantic, seperti buket bunga, parfum, cokelat, pomade, pelembut kulit  dan sebagainya.

Asmaruku.com yang diklaim sebagai e-commerce pertama dan satu-satunya di Indonesia ini didirikan oleh Grace Natalia, sejak tahun 2014. Ia mengaku terjun ke bisnis ini karena melihat ada celah pasar akan kebutuhan barang yang terbilang tabu bagi sebagian masyarakat.

“Saya melihat ada pasar yang besar namun belum tergarap, yakni produk romantis. Pasalnya masyarakat masih ragu dan malu untuk membeli produk seperti kondom, alat tes kehamilan, atau suplemen vitalitas di toko offline. Untuk itulah Asmaraku.com hadir,” ungkap Grace kepada youngster.id.

Menurut perempuan kelahiran Jakarta, 13 Desember 1985 ini, kehadiran Asmaruku.com adalah untuk menjembatani kebutuhan atas pembelian yang bersifat pribadi tersebut dengan jaminan kerahasiaan melalui sistem layanan online to offline.

“Jadi, misalkan ada seseorang ingin membeli kado romantis untuk pasangannya, kami menyediakan dan menjual semuanya, mulai dari bunga, boneka, coklat sampai paket honey moon. Ada juga produk lingerie, perawatan serta produk untuk keperluan pasutri. Intinya semua produk yang dibutuhkan untuk romantisan ada di sini,” tutur Grace sambil tersenyum.

Saat ini ada sekitar 1.000 produk yang hadir di website Asmaraku.com. Dan yang membedakan e-commerce ini dengan toko online yang lain, selain privasi juga jaminan keamanan dan kesehatan dari produk yang tersedia.

“Bedanya di sini adalah kami menjamin privasi. Karena konsumen tidak harus bertatap muka secara langsung, hanya melalui online. Termasuk ketika mereka ingin informasi atau bertanya lebih detail. Informasi produk yang dijual di sini, kami dapat langsung dari produsennya. Dan, kami menjual produk dengan izin resmi dari BPOM, Depkes, dan PIFC. Jadi, barang-barang yang kami jual barangnya original, aman, dan harganya sangat kompetitif karena kami langsung mengambil dari produsennya,” klaim Grace.

Baca juga :   ISoC, Apresiasi Untuk Sociopreneur Indonesia

Selain itu, lanjut Grace, Asmaraku.com juga memberikan deskripsi dan informasi lengkap tentang hubungan romantis dan kesehatan seksual. “Kami memberikan informasi itu melalui web kami, dan informasi itu telah diverifikasi oleh dokter-dokter dan pakar sesksiologis yang sudah bekerjsama dengan kami,” ungkap Grace.

Dia berharap melalui informasi tersebut, konsumen dapat dengan jelas dan tanpa rasa malu mendapatkan informasi ketika mencari produk yang diinginkan.

 

Grace memastikan setiap produk yang dijual oleh Asmaraku adalah produk asli, dan bukan produk tiruan atau palsu. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

 

Pengalaman Pribadi

Sejatinya, ide mendirikan Asmaraku ini berangkat dari pengalaman pribadi Grace sendiri. Ketika itu ia ingin membelikan hadiah bagi temannya yang akan berbulan madu. Grace ingin membelikan kejutan berupa kado alat kontrasepsi dan alat tes kehamilan. Namun, ternyata ketika dia sedang berbelanja muncul perasaan risih melihat pandangan orang. Dari situlah terlintas ide untuk mendirikan toko online yang menjual aneka kebutuhan intim.

Berbekal pengalamannya bekerja di Lazada dan mengikuti program Rocket Internet Group, sebuah inkubator perusahaan online asal Jerman, Grace pun mendirikan Asmaraku dengan modal sekitar Rp 1 miliar pada Oktober 2014.

Langkah ini sempat membuat kedua orang tuanya kaget. Pasalnya Grace sudah memiliki karier mapan di perusahaan e-commerce ternama. Belum lagi pilihan produk yang dia hadirkan di Asmaraku yang terkesan berbeda dari toko online kebanyakan.

“Kalau ditanya pengalaman paling berkesan, adalah momen ketika saya mengutarakan akan memulai Asmaraku. Tentu saja banyak orang yang kaget, mulai dari keluarga sampai teman. Rasanya wajar bila orang berpikir demikian. Maklum saja apa yang ditawarkan Asmaraku tidak seperti toko online kebanyakan. Dari mulai pakaian dalam sampai lubricant bisa Anda temukan di sana,” kisah Grace sambil tertawa.

Toh, keinginan Grace sudah bulat. Maka kedua orangtuanya tidak melarang, namun juga tidak mendukung. “Awalnya mereka biarkan saja, mungkin saya hanya jadikan ini sampingan. Malah pas setahun berjalan orang tua nanya, sudah bangkrut belum usahanya,” ungkapnya sambil tertawa.

Namun setelah melihat usaha putrinya malah berkembang, mereka pun akhirnya mendukung anak sulungnya ini. “Seiring waktu melihat usaha saya berkembang dan ada peluang besar di sana mereka pun akhirnya mendukung. Apalagi branding romantic ini turut mempengaruhi pemikiran mereka, sehingga akhirnya mereka merestui apa yang saya lakukan,” sambungnya.

Baca juga :   Jadwalkan Wisata Impian Anda Dari Sekarang

Sesuai dengan ide awal, privasi menjadi salah satu fokus utama layanan di AsmaraKu. Pengutamaan privasi ini terlihat, antara lain dari cara mengemas produk yang dikirimkan ke pembeli. Misalnya, produk dibungkus berlapis-lapis dengan kardus tanpa label dan bon tagihan.

“Privasi jadi terjaga karena diambil langsung. Barang juga akan dikemas dalam packaging tanpa logo Asmaraku.com,” ujarnya.

Selain privasi, edukasi juga merupakan perhatian utama AsmaraKu. Sebab, Grace melihat, sikap malu-malu kucing di masyarakat kerap menyulitkan konsumen saat mesti menanyakan detail sebuah produk yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, AsmaraKu memberikan informasi cara pakai dan ulasan lengkap komposisi produk agar memudahkan pembeli memilih produk sesuai dengan kebutuhannya.

 

Dalam waktu dekat Asmaraku.com akan melakukan pengembangan usaha mulai dari paket honeymoon hingga kebutuhan untuk moment special seperti valentine days atau anniversary. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

 

Terus Inovasi

Menurut Grace, ketika memulai bisnis ini ia melakukannya dengan cara mendatangi sejumlah toko ritel modern dan mendata satu per satu produk yang hendak dia jual di toko online. Baru kemudian dia mendatangi principal produk untuk menjadi pemasok.

Rupanya, karena konsep online ini masih baru maka Asmaraku langsung mendapatkan kerjasama . “Mereka antusias karena pasar ini belum banyak pemainnya,” ujarnya.

Namun bukan berarti Asmaraku menjual semua produk. Grace menegaskan, pihaknya hanya menjual produk yang telah terdaftar di BPOM dan Depkes. Dan, Grace menjamin produk impor yang dia tawarkan asli, karena mereka merupakan distributor resmi. Selain itu juga dia menghadirkan produk, terutama untuk kontrasepsi dan suplemen vitalitas berdasarkan rekomendasi dokter yang terpercaya.

Walau merambah di segmen kesehatan dan kecantikan, tidak semua produk kesehatan akan dijual di Asmaraku.com. Toko online ini akan selektif hanya untuk produk-produk kesehatan dan kecantikan yang benar-benar menunjang romantisme. Produk-produk seperti obat sakit kepala, obat maag, dan obat-obat yang tidak berhubungan peningkatan hubungan percintaan dipastikan tidak akan masuk katalog. “Jadi tentunya ini juga akan membedakan kita dengan e-commerce lain yang juga jual produk kesehatan dan kecantikan,” ujarnya

Dengan label e-commerce romantis, tak hanya keperluan pasutri yang disediakan Asmaraku. “Ternyata kemudian kami melihat ada kebutuhan akan suplemen vitalitas yang selama ini orang tahu sebagai obat kuat, sehingga konotasinya jadi jelek. Akibatnya mereka beli diam-diam, sehingga banyak juga yang mendapat barang palsu yang kalau dikonsumsi berbahaya bagi kesehatan. Di sini mereka bisa mendapatkan produk yang benar, berkualitas tanpa perlu khawatir diketahui semua orang,” ungkap Grace lagi.

Baca juga :   Alleira Bawa Batik Indonesia Ke Kawasan Elit Fashion Dunia

Sejak itu, toko online ini pun menyediakan produk-produk yang dapat meningkatkan hubungan percintaan, kesehatan dan kecantikan. Selain itu, platform ini juga menyediakan kado, bunga, serta kebutuhan romantisme yang sifatnya kejutan dan pribadi seperti lingerie, mapun perawatan tubuh .

Grace juga memastikan setiap produk yang dijual oleh Asmaraku adalah produk asli, dan bukan produk tiruan atau palsu. Dia juga menggandeng pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk produk perawatan tubuh.

“Sebagian besar produk yang kami hadirkan adalah produk-produk dari UKM. Karena kami ingin memberi kesempatan bagi pelaku UKM Tanah Air untuk memperkenalkan produk mereka secara lebih luas lagi,” ungkap Grace.

Menurut Grace, semua tim kerjanya di Asmaraku adalah pemompa produktivitasnya. “Timnya heboh, tapi fokus dalam menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu singkat,” ujarnya.

Oleh karena itu, tak mengherankan jika Asmaraku bisa membukukan peningkatan traksaksi penjualan hingga 400% per bulan. Dan berkat kerja keras mereka Asmaraku.com meraih pendanaan dari dua investor global Alpha JWC Ventures dan IMJ. Dengan tambahan dana investasi ini, Asmaraku.com berharap untuk mempercepat pertumbuhan dengan memperluas jangkauan dan menambah fitur layanan.

“AsmaraKu terus berinovasi dalam memberikan produk dan pelayanan terbaik. Kami sangat memperhatikan privasi pelanggan sehingga kerahasiaan pembelian akan terjaga dengan baik,” ungkap Grace.

Dalam waktu dekat, dia akan melakukan pengembangan usaha mulai dari paket honeymoon hingga kebutuhan untuk moment special seperti valentine days atau anniversary. “Yang pasti kami terus berinovasi dalam mengembangkan bisnis ini. Dan kami berharap bisa membuat orang Indonesia lebih romantis lagi,” pungkasnya.

 

====================================

Grace Natalia 

  • Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 13 Desember 1985
  • Pendidikan Terakhir    : The Red McCombs School of Business di The University of Texas Austin.
  • Mulai Usaha              : Oktober 2014
  • Nama Usaha             : com (PT Modern Abadi)
  • Modal Awal               : sekitar Rp 1 miliar
  • Jumlah Karyawan      : 40 orang
  • Jumlah Produk          : sekitar000items
  • Omzet                      : sekitar Rp 100 juta/bulan

====================================

 

FAHRUL ANWAR

Editor : Stevy Widia