Haier Gandeng Datascrip Untuk Penetrasi Pasar Smartphone di Indonesia

Haier Mobile menunjuk PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk smartphone bagi pasar Indonesia. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

youngster.id - Produsen ponsel Haier Telecom menggandeng PT Datascrip untuk memperluas jangkauan distribusi produk smartphone mereka di Indonesia. Kualitas, dan harga produk ini dipastikan bersaing di pasar.

Kerjasama itu diresmikan lewat penandatanganan Memorandum of Understandingantara Irwan Kamdani, President Director, PT Datascrip dan Mr. Wang Z.Z, President Director Haier Telecom Co. Ltd.

“Kami senang dengan kerja sama ini, karena mitra baru kami Datascrip ini memiliki jangkauan distribusi yang sangat luas ke seluruh Indonesia. Kami berkomitmen untuk memberikan produk-produk yang berkualitas dan terjangkau bagi konsumen Indonesia,” ucap Wang Z. Z, pada peluncuran Haier Leisure L7, Rabu (7/6/2017) di Grand Hyatt Jakarta.

Sesungguhnya ponsel Haier telah masuk dipasarkan di Indonesia sejak Januari 2015 lewat kerja sama bundling dengan operator Smartfren. Wang juga memastikan bahwa produk Haier tersebut telah memenuhi syarat tingkat kandungan lokal sebesar 30% sesuai dengan regulasi Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Persyaratan kontel lokal bisa dicapai karena Haier telah mengoperasikan pabrik ponsel di Cikarang sejak Januari 2015.

Baca juga :   Dorong Penerapan Teknologi Informasi Di Desa

“Pabrik ini sanggup memproduksi lebih dari 10.000 unit ponsel dalam satu hari. Nah, tahun ini akan menjadi momentum bagi kami untuk memulai open market di Indonesia, setelah sukses berkarya besar di Smartfren,” katanya lagi.

Kerjasama ini membuat produser asal Tiongkok ini menargetkan penjualan 1 juta unit ponsel sepanjang tahun ini, termasuk 500.000 untuk unit Leisure 7.

Optimisme juga diungkapkan, Division Director PT Datascrip, Sylvia Lionggosari. “Smartphone ini harganya cukup terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, produk ini juga berkualitas baik dan akan dirilis untuk memenuhi kebutuhan perangkat teknologi informasi serta komunikasi masyarakat,” katanya.

Menurut Sylvia sebagai distributor tunggal Haierdi Indonesia, mereka akan fokus di segmen entry level dan menengah yang merupakan pasar terbesar di Indonesia.

“Memang market size untuk pasar segmen ini sekitar 60 juta. Sangat besar, karena itu kami akan fokus menggarap segmen ini,” ujarnya. lah

Karena itu Sylvia optimistis produk teranyar besutan produsen asal Negeri Panda tersebut akan laris di pasar ponsel Indonesia. Pasalnya, Haier Leisure L7 dibanderol di harga Rp2,1 juta.

Baca juga :   IndiHome Sasar 2 Juta Pelanggan Baru

Dia bahkan mengungapkan bahwa untuk mendukung hal tersebut, Haier Mobile menyiapkan layanan purna jual lewat 16 service center yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk melibatkan pusat layanan milik Datascrip yang tersebar di sebanyak 13 cabang di seluruh Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk mengusung jargon Same Day Service, dimana service diselesaikan pada hari yang sama. Ponsel ini juga akan diberikan garansi selama 18 bulan sejak pembelian dan tidak akan dikenakan biaya apapun jika ada kerusakan dari pabrik,” tegas Sylvia.

Dia juga mengungkapkan tidak tertutup kemungkinan PT Datascrip menjalin kerjasama untuk produk Haier yang lain. Haier Mobile merupakan bagian dari Haier Group yang memproduksi home appliance, elektronik dan ponsel.

STEVY WIDIA