HSBC Business Case Competition: Bangun Wawasan Bisnis Global

Nuni Sutiyoko, Head of Corporate Sustainability, HSBC Indonesia dan Ari Kunwidodo, Fundraising Director, Putera Sampoerna Foundation pada peluncuran HSBC Business Case Competition, Sabtu (23/04/2016). (Foto : Anggie Adjie/ Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Era pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menuntut kualitas kompetensi SDM yang mampu bersaing. Untuk itu HSBC Indonesia berkolaborasi dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF) kembali menyelenggarakan HSBC Business Case Competition. Kompetisi bergengsi tahunan bagi para mahasiswa ini berguna dalam membangun wawasan bisnis global sekaligus mengasah ketajaman intuisi dan daya analisa seawal mungkin.

Kompetisi ketiga kali diadakan ini menantang para mahasiswa Indonesia untuk secara tajam dan komprehensif menganalisa beragam kasus nyata dari perusahaan-perusahaan berkelas dunia dalam berbisnis, serta memberikan gagasan-gagasan orisinalnya secara tajam, berani dan percaya diri.

“Salah satu komitmen kami di dunia pendidikan adalah turut menyiapkan dan membangun Sumber Daya Manusia (SDM) berdaya saing global di era pasar bebas. Kompetisi ini akan menjadi pelengkap dari kurikulum yang diberikan di perguruan tinggi agar mahasiswa dapat merumuskan solusi bisnis secara analitis. Melalui kompetisi ini mereka mendapatkan kesempatan untuk berinteraski langsung dengan para pakar dan profesional berpengalaman, serta problematika nyata dunia kerja. Dengan demikian kami turut mendukung mereka dalam mewujudkan aspirasi, khususnya dalam berbisnis,” papar Nuni Sutiyoko, Head of Corporate Sustainability, HSBC Indonesia.

Sebanyak 12 perguruan tinggi terkemuka berlomba meraih posisi sebagai Tim Terbaik Indonesia. Pemenangnya berhak mewakili Indonesia di ajang kompetisi HSBC Business Case tingkat internasional yang akan berlangsung di Hong Kong, Juni 2016.

Menurut Nuni, pengalaman itu akan berguna dalam membangun wawasan bisnis global. Sekaligus mengasah ketajaman intuisi dan daya analisa mahasiswa seawal mungkin, baik sebagai calon tenaga profesional maupun wirausahawan mandiri.

Pada kegiatan ini HSBC menggandeng Putera Sampoerna Foundation. “Kami optimis, kompetisi ini akan berkontribusi dalam turut mencetak SDM Indonesia berwawasan global yang mampu bersaing di percaturan internasional sehingga akhirnya dapat berkontribusi untuk meningkatkan daya saing Indonesia di tingkat dunia,” ungkap Ari Kunwidodo, Fundraising Director, Putera Sampoerna Foundation.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : Stevy Widia