Hut 10 Tahun, Tokopedia Fokus Bisnis di Indonesia

kata William Tanuwijaya CEO dan Co-Founder Tokopedia. (Foto: dok.youngster.id)

youngster.id - Bersamaan dengan HUT ke-74 Indonesia, Tokopedia memasuki usia ke-10. Marketplace ini berkomitmen menjadi Super Ecosystem, infrastruktur menyeluruh yang bisa mempermudah masyarakat Indonesia lewat kolaborasi dengan berbagai mitra strategis untuk bersama-sama tumbuh dan mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

“Kemerdekaan Indonesia diperjuangkan dengan semangat bambu runcing, keberanian untuk memulai, kegigihan untuk bangkit setiap kali gagal dan harapan bahwa walau nyawa jadi taruhan perjuangan, satu hari nanti kemerdekaan akan diraih. Terinspirasi atas perjuangan itu, 10 tahun yang lalu, Tokopedia dimulai dengan sebuah mimpi — misi untuk bergerak mendorong pemerataan ekonomi secara digital — lewat sebuah visi membangun Super Ecosystem dimana semua orang dapat memulai dan menemukan segala sesuatu,” kata William Tanuwijaya CEO dan Co-Founder Tokopedia, dalam keterangannya, Sabtu (17/8/2019) di Jakarta.

William menegaskan, Tokopedia telah menjadi lebih dari sekadar perusahaan e-commerce. 10 tahun ini, Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia yang telah membantu lebih dari 6,2 juta masyarakat menjadi ‘perusahaan e-commerce’ dengan memulai dan mengembangkan bisnis mereka bersama Tokopedia. Dan telah memasarkan lebih dari 150 juta jenis barang ke seluruh pelosok negeri, menjangkau hingga 97% kecamatan di Indonesia.

Baca juga :   Kemenkominfo Blokir 4 Juta Konten Negatif

“Setiap bulannya, 1 dari 3 masyarakat Indonesia sudah menggunakan Tokopedia untuk kebutuhan sehari-hari. Di tahun ke-10 ini, lebih dari 1% ekonomi Indonesia bergerak di atas Tokopedia,” ujarnya.

Menurut dia, Tokopedia telah menjadi wadah yang menjembatani semua pihak dengan misi sejalan. Untuk mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, kolaborasi dengan para mitra strategis menjadi poin penting. Saat ini, Tokopedia sudah bekerja sama dengan lebih dari 50 mitra pembayaran, 12 mitra logistik, pemerintah pusat maupun daerah dan sederet mitra strategis lainnya.

Infrastruktur juga telah menjadi kunci utama dalam menjadi sebuah Super Ecosystem. Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia yang terdiri dari berbagai lini bisnis, yaitu marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. “Data analytic, machine learning dan artificial intelligence akan menjadi sebagian dari teknologi yang diusung dan dikedepankan di setiap inisiatif Tokopedia, menjadikan Tokopedia sebagai perusahaan teknologi yang AI-First,” tambahnya.

Dia menegaskan 10 tahun ke depan, Tokopedia akan fokus untuk membantu semua orang dan pemilik bisnis di Indonesia untuk menjadi perusahaan teknologi. Artinya, untuk mencapai misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, tidak mungkin kita bisa mengubah semua orang untuk menjadi perusahaan e-commerce,” ungkapnya.

Baca juga :   UKM Harus Siap Hadapi Gempuran Marketplace

“Bagi kami, Boyolali dan sekitarnya lebih penting dari Bangkok dan sekitarnya. Makassar dan sekitarnya lebih penting dari Manilla dan sekitarnya. Perjalanan masih sangat panjang dan #KamiBaruMulai. Tokopedia harus bisa terus menjadi platform dimana semua orang bisa memulai, platform dimana semua orang dapat memiliki kesempatan yang sama,” pungkas William.

STEVY WIDIA