IdeaFest 2018 Hadir Untuk Jaring Milenial Terlibat Di Industri Kreatif

Peluncuran IdeaFest 2018 Selasa (9/10/2018) di Pasific Place, Jakarta. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Festival industri kreatif terbesar di Indonesia, IdeaFest 2018, siap digelar pada 26-27 Oktober tahun ini di JCC, Senayan, Jakarta. Ajang ini sebagai upaya mendorong dunia kewirausahaan di Tanah Air semakin terus tumbuh dan berkembang.

Mengusung tema #GenerasiC dengan maksud dan tujuan untuk mengeksplorasi banyak hal dari huruf C, seperti creative, connect, creation, confident, challenge, collaborate, community, dan sebagainya.

Ben Soebiakto, Co-Chairman IdeaFest, mengungkapkan IdeaFest tahun ini memilih “C” sebagai tema utama karena didorong munculnya #GenerasiC yang memiliki pola pikir dan perilaku berbeda dari generasi lainnya, tapi berperan penting dalam membesarkan industri kreatif di Indonesia.

“IdeaFest tahun ini menampilkan semangat kolaborasi dengan banyak pihak. Selain success story, akan ada juga failed story dari para pembicara. Namun, intinya IdeaFest adalah tetap menciptakan movement di industri kreatif Indonesia,” ujar Ben pada peluncuran IdeaFest 2018 Selasa (9/10/2018) di Pasific Place, Jakarta.

Pada kesempatan, Ideafest 2018 sebanyak 200 pembicara skala nasional dan internasional bakal menginspirasi generasi millenial yang menjadi sasaran festival ini. Presiden Joko Widodo diharapkan bisa menjadi salah satu pembicara, bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Najwa Shihab (Founder NarasiTV), Axton Salim (CMO Indofood), Luc Mayrand (Walt Disney Imagineering), dan Jaeson Ma (Co-Founder 88Rising). Sementara pembicara lainnya adalah Raditya Dika, Christian Sugiono, Andien Aisyah, Ayla Dimitri, Carline Darjanto, Agung Hapsah, dan sebagainya.

Baca juga :   Telkomsel Gelar Pameran Solusi Bisnis di 4 Kota

Tak cukup sampai disitu, di tahun 2018 ini IdeaFest siap berkolaborasi dengan program The NextDev, platform early stage startup terbaik dari Telkomsel.

Steve Saerang, The NextDev Project Lead Telkomsel, mengatakan Telkomsel berkolaborasi dengan IdeaFest pada tahun ini, karena IdeaFest sudah diselenggarakan selama bertahun-tahun sejak 2011. Festival ini juga terkenal sebagai festivalnya generasi millenial di Indonesia, yang cocok dengan sasaran Telkomsel, yakkni generasi muda. Sementara lewat program The NextDev 2018, Telkomsel percaya dan mendorong para anak muda di kota-kota Indonesia memiliki semangat kreatif (passion) untuk menyelesaikan challenge yng ditemui di kotanya (purpose) sehingga dapat menghasilkan change berupa dampak sosial positif (social impact).

“IdeaFest menjadi panggung bagi peserta The NextDev Telkomsel sehingga festival ini juga diramaikan oleh peserta dari kota-kota di luar Jakarta,” ujar Steve.

Dari The NextDev 2018, Telkomsel bakal membawa total sekitar 25 startup tahap awal (early stage startup) yang menjadi finalis di enam kota penyelenggaraan diantaranya Semarang, Surabaya, Denpasar, Batam, Samarinda, dan Yogyakarta. Tiket IdeaFest 2018 dijual mulai Rp 1,1 juta untuk IdeaTalks atau Conference, hingga Rp 1,6 juta untuk dua hari atau Rp 800 ribu per hari.

Baca juga :   3,9 Miliar Orang di Dunia Belum Terkoneksi Internet

 

FAHRUL ANWAR