IEL University Series 2019: Ajang Pencarian Atlet e-Sport Nasional

Peluncuran ajang kompetisi e-sport, IEL University Series 2019, Rabu (30/1/2019) di Ligagame Arena, Jakarta. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Belakangan ini sejumlah kompetisi e-sport marak digelar baik untuk pro-gamer maupun amatir. Langkah ini untuk lebih mengembangkan ekosistem e-sport di Tanah Air. Mendukung antusias luar biasa yang dibangun oleh para penggemar game di Indonesia MIX 360 ESPORTS menggelar agenda IEL University Series 2019.

IEL University Series 2019 merupakan sebuah kompetisi e-sports resmi pertama untuk tingkat universitas di Indonesia yang didukung penuh oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dan Indonesia Esports Association (IESPA). Kompetisi ini juga disahkan oleh Federasi Electronic Sports Asia (AeSF), dimana nantinya akan menjadi bagian dari Liga universitas resmi dibawah naungan IESPA.

“Misi kami dalam penyelenggaraan IEL University Series 2019 adalah mempersiapkan calon atlet ESPORTS, khususnya di tingkat universitas, agar bisa masuk ke pelatnas Indonesia untuk SEA Games 2019 di Manila yang digelar tahun ini,” tutur Harry Kartono selaku Chief Operational Officer MIX 360 ESPORTS pada peluncuran ajang IEL University Series 2019, Rabu (30/1/2019) di Ligagame Arena, Jakarta.

Baca juga :   Potensi Industri Game Indonesia Besar

Sebanyak 12 kampus terpilih telah siap mengirimkan perwakilannya untuk meraih kejayaan di gelaran IEL 2019 University Series season 1. Harry mengatakan, aka nada dua cabang game yang diperlombakan di IEL 2019 University Series ini adalah Dota 2 dan Mobile Legends dengan total hadiah sebesar Rp 1 miliar.

12 Universitas peserta IEL akan terbagi ke dalam dua grup yang akan melakoni babak penyisihan yang lakukan secara online selama bulan Januari hingga Maret 2019. Kemudian, 4 tim terbaik dari masing-masing cabang akan bertanding di babak semifinal dan final pada 27-28 April 2019.

Menurut Harry, IEL University Series 2019 digelar untuk mewadahi generasi muda berbakat mengembangkan kemampuannya, sekaligus menyiapkan jalur regenerasi atlet esports nasional.

“Sebagai entitas bisnis kami berkomitmen mengembangkan industri esports di Indonesia. Untuk itu kami kini tengah menggarap berbagai inisiasi untuk mengembangkan ekosistem esports di tanah air, mulai dari pembinaan bibit-bibit atlet dan caster e-sports profesional, hingga menyiapkan manajemen tim e-sports berkualitas,” ungkapnya.

Inisiasi ajang esports tingkat mahasiswa ini juga mendapat sambutan Moonton, developer Mobile Legends: Bang Bang. “Adanya liga kompetitif resmi untuk esports adalah perkembangan besar bagi industri esports di Indonesia. Kami mendukung penuh penyelenggaraan IEL University Series 2019 untuk memajukan esports Indonesia,” tutur Lius Andre Saputra, Esports Manager, Moonton Indonesia.

Baca juga :   Star8 Esports dan EVOS Burnout Juarai Bali United Esports Championship

Hal senada juga diungkapkan oleh Eddy Lim, presiden Asosiasi Olahraga Elektronik Indonesia (IESPA). “Kompetisi IEL University Series 2019 ini sejalan dengan salah satu tujuan dibentuknya IESPA, yakni menumbuhkan semangat berkompetisi yang sehat melalui ESPORTS sekaligus mendorong komunitas dan industri ESPORTS di Indonesia. Yang IESPA harapkan dari kompetisi ini adalah kemunculan bibit unggul yang bisa berprestasi di kancah ke SEA Games tahun ini,” ucap Eddy.

E-sport dijawalkan akan menjadi cabang olahraga yang memperebutkan medali pada Southeast Asian Games 2019 mendatang. “Pertumbuhan esports di Asia Tenggara sangat fenomenal, dan kami senang karena dapat mempercepat akselerasi perkembangan esports di Indonesia. IEL University Series 2019 adalah acara yang tepat untuk menampilkan talenta-talenta muda terbaik Indonesia, serta mengenali atlet-atlet luar biasa yang berkesempatan mengibarkan bendera Indonesia di ajang SEA Games 2019,” kata David Tse selaku Global Esports Director Razer.

Selain berkolaborasi bersama para sponsor dan partner yang terpercaya, MIX juga menggandeng Clara Mongstar sebagai Key Opinion Leader (KOL), Farand “Koala” ex DOTA 2 Pro Player dari Tim eSports RRQ, Yosua “Kido” Mobile Legends Pro Player dari Tim eSports Louvre Esports, serta MegaKiss, sebagai duta untuk perhelatan IEL University Series 2019.

Baca juga :   Lenovo Gelar Turnamen eSport di Daerah

Sebanyak 12 kampus terpilih telah siap mengirimkan perwakilannya untuk meraih kejayaan di gelaran IEL 2019 University Series season 1. Dua cabang game yang diperlombakan di IEL 2019 University Series ini adalah Dota 2 dan Mobile Legends. Peserta IEL akan terbagi ke dalam dua grup yang akan melakoni babak penyisihan yang lakukan secara online selama bulan Januari hingga Maret 2019.

STEVY WIDIA