Incar Milenial Metranet Hadirkan Oona TV

PT Metranet menghadirkan layanan OTT Oona TV di Indonesia. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Belakangan ini tontonan televisi mulai mengalami transformasi. Generasi muda masa kini lebih banyak menyaksikan tayangan melalui smartphone mereka ketimbang di layar kaca. Kondisi ini membuat kehadiran layanan over the top (OTT) naik daun. Yang terbaru adalah Oona TV.

Layanan ini dihadirkan oleh PT Metranet, anak usaha PT Telkom Tbk. Oona TV merupakan layanan over the top (OTT) berupa konten TV dan video on demand (VOD) yang ditawarkan secara gratis.

Widi Nugroho, Chief Executive Officer Metranet, mengungkapkan layanan Oona TV hadir untuk memenuhi hiburan generasi milenial.

“Di era inovasi seperti sekarang, perilaku pelangan berubah. Begitu juga dengan kebutuhannya seperti kebutuhan mengonsumsi hiburan. OONA adalah aplikasi mobile inovatif yang menghadirkan pendekatan baru dan didesain efektif untuk mendukung gaya hidup digital. Aplikasi ini hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat, terutama generasi milenial, akan hiburan serta informasi aktual yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun secara mudah dan praktis,” kata Widi pada media, Rabu (19/9/2018) di Jakarta.

Baca juga :   Generasi Milenial Tak Takut Kerjaan Mereka Diganti Robot

Menurut Widi, antusiasme masyarakat dalam menyambut kehadiran OONA tak lepas dari tingginya relevansi antara values, manfaat, serta keunggulan OONA dengan tren kebutuhan dan gaya hidup generasi digital saat ini. Dari data yang dimiliki OONA, konsumsi generasi Y dan Z terhadap tayangan televisi untuk mendapatkan informasi dan hiburan ternyata masih menduduki posisi teratas meskipun tren mengakses melalui perangkat TV menunjukkan penurunan. Menariknya, menurunnya tren tersebut dibarengi dengan naiknya tren pemanfaatan internet dalam aktivitas keseharian mereka.

“Alhasil, dalam dua bulan memasuki tahap awal peluncuran, jumlah pengunduh OONA hingga saat ini hampir menyentuh angka satu juta. Dan 75% di antaranya merupakan pengguna aktif per bulan,” katanya lagi.

Menurut dia, dengan dukungan teknologi Artificial Intelligence (AI) juga menjadikan OONA dapat menjawab kebutuhan dunia usaha dalam melakukan promosi secara efektif dan tepat sasaran di era digital.

Yuswohady, pakar pemasaran digital, berpendapat, Oona TV hadir di saat tepat, ketika generasi Z mulai banyak dan bakal mendominasi ekonomi di Indonesia kelak. Berdasarkan risetnya, Gen Z mengonsumsi konten lebih banyak lewat smarphone dibandingkan Gen millenial dan X, yakni 147 menit per hari, banding 118 menit per hari.

Baca juga :   Sampah Plastik Diuji Cobakan Jadi Aspal

“Oona saya lihat mampu mengembangkan dan mengoptimalkan kapabilitasnya sebagai platform yang bermanfaat untuk memuaskan kebutuhan leisure berkat kemitraannya dengan beragam penyedia konten gaya hidup,” pungkasnya.

 

STEVY WIDIA