youngster.id - Peluang untuk membawa produk hasil usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ke pasar internasional semakin terbuka. Salah satunya lewat memanfaatkan teknologi digital melalui one-stop portal Indonesia @cces. Akses perdagangan telah dibuka di Tiongkok, menyusul Australia, Timur Tengah dan Afrika.
Setelah sukses bekerjasama dengan Jumore Global, Indonesia @ccess terus mengembangkan bisnisnya di berbagai negara termasuk di pasar Australia. Indonesia @ccess hadir di Australia untuk membangun manfaat-manfaat bagi mitra usahanya, terutama untuk para UMKM dengan masuk langsung ke pasar Australia melalui Business and Investment Forum, yang akan diselenggarakan pada tanggal 21-22 Maret 2019 dan 23 Maret 2019 di Sydney Australia.
“Kemarin kami sudah sukses untuk masuk ke pasar Tiongkok, dan saat ini kami ingin memberikan lagi peluang bagi mitra usaha kami untuk turun langsung ke pasar di Australia tahun 2019 dengan memaparkan berbagai produk mereka melalui platform Indonesia @ccess. Kami sangat berharap dengan mengikuti forum ini dapat mendongkrak ekspor produk Indonesia ke pasar Australia” ujar Reza Valdo Maspaitella, President dan CEO, Valdo Group pada Kamis (22/11/2018) di Jakarta.
Menurut dia, Australia merupakan salah satu mitra dagang penting bagi Indonesia. Data Kementerian Perdagangan mencatat bahwa perdagangan Indonesia-Australia sepanjang Januari-Juni 2018 mencapai US$ 4,07 miliar setara Rp 58,55 triliun. Pada 2017, perdagangan kedua negara bahkan mencapai US$ 8,47 miliar atau sekitar Rp 122,88 triliun, naik 1% dari tahun sebelumnya. Hal ini membuktikan bahwa peluang untuk ekspor ke Australia semakin besar.
“Indonesia @ccess selau mengambil peluang yang ada di depan mata kami, kami ingin terus membantu Indonesia bahkan para mitra usaha kami untuk terus berkembang dan maju terutama melalui jalur ekspor ke berbagai negara. Dengan adanya peluang inilah kami bersama dengan mitra usaha kami terutama UMKM untuk turun lagsung ke pasar Australia,” tegas Reza.
Sebelumnya Indonesia @ccess, sebagai one-stop-portal untuk perdagangan, pariwisata, dan investasi dari Valdo Group, pada 6 November 2018 lalu, melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Jumore Global, sebuah platform e-commerce Business-to-Business (B2B) asal China saat berlangsungnya Indonesia-China Business Forum bersamaan dengan penyelenggaraan China International Import Expo (CIIE) di Shanghai, pada 5-11 November 2018 lalu.
Dalam kerjasama tersebut, perusahaan menargetkan hasil kerjasama transaksi crossboarder B2B e-commerce ini akan menghasilkan meningkatan transaksi ekspor dari Indonesia ke China senilai US$ 1 miliar di akhir 2020. Produk UMKM yang ditawarkan diantaranya kopi, teh dan produk kreatif seperti batik.
Menurut Reza, setelah Tiongkok, kini mereka mempersiapkan masuk pasar Australia. Dan di tahun 2019 mendatang Indonesia @ccess pun akan mengadakan pameran di Dubai untuk pasar Timur Tengah dan juga di Afrika Selatan untuk pasar Afrika.
STEVY WIDIA
Discussion about this post