Indonesia Jadi Tuan Rumah Kompetisi Barista Se-ASEAN 2019

Kompestisi Perdana ASEAN Barista Team Championship 2019 (ABTC19) bersama dengan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI). (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Indonesia dipercaya jadi tuan rumah kompetisi ASEAN Barista Team Championshiop 2019.

Kompetisi ini akan diikuti oleh lebih dari 15 tim barista terbaik Asia Tenggara dan akan memperebutkan gelar ASEAN Best Team Barista. Tiga tim teratas akan memenangkan hadiah uang tunai sebesar US $ 10.000,00.

Kejuaraan ASEAN Barista Team Championship 2019 yang baru pertama kali diselenggarakan ini. Victor Mah, Presiden ASEAN Coffee Federation mengatakan, “Tujuan dan obyektif ACF berdaya upaya untuk mempromosikan profesi-profesi yang berhubungan dengan dunia perkopian di ASEAN,” katanya.

Pengumuman ini berlangsung bersamaan dengan pengumuman JAVAROMA sebagai Sponsor Presenter Utama dari ASEAN Coffee Federation (ACF), penyelenggara Kompestisi Perdana ASEAN Barista Team Championship 2019 (ABTC19) bersama dengan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI).

“Kali ini suatu kebanggaan bagi Javaroma dapat mendukung kegiatan  kejuaraan barista di regional ASEAN. Javaroma yang berawal di Roma, Italia, terus meningkatkan brand value untuk dapat melakukan ekspansi ke beberapa negara di seluruh dunia,” kata Aria Santoso, Head of Communication dari JAVAROMA dalam acara jumpa pers kompetisi ASEAN Barista Team Championship 2019 (ABTC19) Senin (1/7/2019) di Gedung Kapal Api, Cideng Jakarta.

Baca juga :   Perluas Pasar, BBM Gandeng Uber

Kompetisi ini akan berlangsung dalam pameran makanan dan minuman terbesar di Indonesia: Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019.  Masing-masing negara ASEAN akan mengirimkan 2 tim atau lebih untuk bertanding di kejuaraan ini. Sebagai negara tuan rumah, Indonesia diperkirakan akan menurunkan tim terbanyak, antara 4 hingga 5 tim, yang dibentuk dari para juara dari perlombaan yang berlangsung sebelumnya,. 

“Sebagai negara tuan rumah, kami senang melihat lebih dari 60 barista ASEAN, untuk pertama kalinya berkumpul di Jakarta. Hal ini menunjukkan dinamika industri kopi ASEAN dan juga minat kompetitif untuk meningkatkan keterampilan barista ASEAN. Bukan tidak mungkin suatu saat juga akan membawanya ke tingkat dunia,” ungkap Syafudin, Ketua Asosiasi Kopi Specialty ndonesia, Joint Organizer ABTC 2019.

Kejuaraan ini akan berlangsung dari tanggal 25 sampai 27 Juli 2019 di JI Expo, Jakarta, Indonesia.  

FAHRUL ANWAR