Indri Mahadiraka Rumamby : Bangun Platform “Curhat” Bagi Kesehatan Mental Orang Indonesia

Indri Mahadiraka Rumamby, Cofounder & CEO Save Yourselves (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Belakangan ini upaya preventif dan promotif terkait kesehatan mental tidak hanya dilakukan para praktisi kesehatan, tetapi seluruh lapisan masyarakat. Termasuk juga anak muda pendiri startup teknologi. Antara lain, dengan hadirnya aplikasi layanan konsultasi kesehatan mental.

Menurut WHO, kesehatan mental tidak hanya tentang ketiadaan penyakit, tetapi juga kemampuan dalam mengendalikan tekanan dalam hidup, dapat bekerja secara produktif, serta mampu berkontribusi di masyarakat. Oleh karena itu, badan kesehatan dunia menetapkan bahwa proporsi gangguan mental dalam suatu populasi maksimal mencapai 10%.

Hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2013 yang lalu menunjukkan bahwa angka prevelensi gangguan mental emosional di Indonesia mencapai 6%. Angka ini sudah menunjukkan penurunan dari data survei sebelumnya pada tahun 2007 yaitu sebesar 11%. Meski demikian bukan berarti gangguan kesehatan mental dapat diabaikan.

Disahkannya UU terkait kesehatan jiwa pada tahun 2014 lalu membuat banyak pihak mulai peduli pada isu kesehatan mental. Salah satunya adalah Indri Mahadiraka Rumamby, dengan menghadirkan platform Save Yourselves. Layanan startup ini fokus ke layanan sosial dan kesehatan, yang memiliki tujuan untuk membawa perubahan dan impact untuk kesehatan mental di Indonesia.

Baca juga :   Pelaku e-commerce Perlu Kepastian Berusaha

“Tujuan startup ini didirikan karena melihat tingkat bunuh diri di Indonesia yang terus meningkat, dengan mayoritas demografi anak muda. Kondisi inilah yang mendorong saya membuat sebuah platform online yang accessible, educational dan juga low-cost. Kami memulai dengan membuat akun Line untuk support chat bagi pengguna yang ingin bercerita dan membutuhkan dukungan,” jelas Indri, Co-founder dan CEO Save Yourselves saat ditemui youngster.id di Gedung Block 71 kawasan Rasuna Said Kuningan Jakarta belum lama ini.