Industri Fintech Permudah Akses Keuangan di Daerah

Stand Kredit Pintar pada Fintech Exhibition di Samarinda. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Belakangan ini semakin ramai para pemain di bidang financial technology (Fintech). Industri keuangan yang inovatif ini diyakini dapat mempermudah akses keuangan bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama di daerah.

Hal ini dikemukakan oleh Wisely Wijaya, CEO Kredit Pintar. Untuk itu perusahaan Fintech peer-to-peer (P2P) lending sebagai penyedia solusi kebutuhan akses pembiayaan bagi perorangan juga sektor produktif ini mendukung Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam acara Fintech Exhibition Samarinda, yang diadakan pada 3 – 5 September 2019.

“Kami percaya, ramainya industri fintech yang inovatif di tanah air dapat mempermudah akses keuangan bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama di daerah, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari juga membangun usaha untuk meningkatkan produktivitas,” ungkap Wisely melalui keterangan persnya Kamis (5/9/2019).

Menurut dia, partisipasi Kredit Pintar dalam acara ini merupakan bentuk komitmen dalam memajukan pembangunan ekonomi daerah, meningkatkan perkembangan jasa keuangan di daerah, sekaligus mendorong program pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan.

Pada acara Fintech Exhibition di Samarinda, Kredit Pintar memberikan edukasi sekaligus informasi mengenai kecerdasan finansial dan industri fintech, khususnya Peer-to-Peer (P2P) Lending juga solusi yang ditawarkan Kredit Pintar sebagai penyedia layanan keuangan berbasis teknologi.

Baca juga :   ALAMI Ekspansi Bisnis Pembiayaan P2P Syariah

Menurut Wisely kontribusi Kredit Pintar dalam acara Fintech Exhibition Samarinda diharapkan membantu OJK dan AFPI dalam mewujudkan ekonomi inklusif di daerah, khususnya di Kalimantan ini.

“Sejalan hal tersebut, kami yakin perekonomian suatu daerah dapat berkembang menjadi lebih baik dan berdampak langsung terhadap peningkatan inklusi keuangan di Indonesia. Maka dari itu kami sangat mendukung acara ini agar pengetahuan mengenai fintech semakin luas dan merata,” tambah Wisely.

Berdasarkan data Kredit Pintar di bulan Juli, secara akumulatif Kredit Pintar telah menyalurkan pinjaman di wilayah Kalimantan Timur sebanyak lebih dari 50 Milyar dengan total lebih dari 20.000 nasabah yang menggunakan produk pinjaman dari Kredit Pintar.

Fintech Exhibition merupakan program sosialisasi dan edukasi mengenai teknologi finansial yang dipersembahkan oleh AFPI bersama dengan OJK. Selama 3 hari, pelaksanaan Fintech Exhibition di Samarinda akan didukung oleh puluhan perusahaan fintech yang diisi dengan kegiatan seperti exhibition, discussion, and networking.

FAHRUL ANWAR