youngster.id - Perkembangan teknologi digital juga menjamah industri hiburan di Indonesia. Karena tren inovasi teknologi event akan jadi lebih personal dan cashless di sepanjang tahun 2019. Selain itu, konsep pemesanan tiket online dengan pembayaran offline melalui konsep O2O semakin populer sepanjang tahun 2019.
LOKET, perusahaan penyedia sistem teknologi event dan hiburan di Indonesia memaparkan hasil analisa mereka terhadap pertumbuhan event-event hiburan yang berlangsung selama 2018.
Ario Adimas VP Marketing LOKET mengungkapkan bahwa secara garis besar industri hiburan saat ini terus menunjukkan pertumbuhan positif.
“Dengan cakupan yang sangat luas seperti film, festival dan konser musik, ajang pesta olahraga, MICE, atraksi hiburan dan bidang ekonomi kreatif lainnya, industri hiburan memiliki potensi sebagai salah satu kekuatan bagi industri kreatif Indonesia yang di saat bersamaan juga turut berkontribusi bagi perekonomian nasional. Dan potensi ini tercermin dari tujuh pandangan yang kami bagikan hari ini di mana secara garis besar inovasi teknologi dan penetrasi internet memegang peranan penting yang akan mendorong industri hiburan semakin maju,” jelas Dimas dalam keterangannya, Sabtu (2/2/2019) di Jakarta.
Dimas memaparkan dari data lima tahun terakhir menunjukkan, inovasi yang kian maju dan berkembang semakin memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menjelajah event-event baru secara lebih cepat dan personal.
“Tren ini sudah mulai terlihat di tahun lalu, dimana penjualan tiket di LOKET melonjak hingga lebih dari 10 juta tiket secara keseluruhan. Laju pertumbuhan untuk setiap kategori juga sangat positif. Untuk penjualan tiket kategori konser dan festival musik meningkat 500%, penjualan tiket kategori MICE meningkat 200%, penjualan tiket olahraga meningkat 225%, dan penjualan tiket kategori atraksi hiburan meningkat 250%,” katanya menjelaskan.
Kemudahan yang dihadirkan dari hasil inovasi teknologi menurut Dimas turut membantu dan memberikan rasa nyaman pengguna dalam menikmati event-event tersebut. Selain inovasi teknologi, di tahun ini LOKET memprediksikan bahwa, konsep O2O (Online-to-Offline) akan semakin dikenal luas. Hal ini tercermin dari proses pemesanan tiket secara online dengan pembayaran offline yang semakin populer, terutama pada masyarakat yang belum memiliki akses ke pembayaran digital.
“Kemudahan yang dihadirkan dalam konsep ini secara perlahan juga mendorong konsumen semakin akrab dengan teknologi layanan pembelian tiket online,” ujarnya.
Sementara itu, Anvid Erdian VP Business Development LOKET mengungkapkan, data analytic juga akan berperan sangat strategis dalam membuka konversi baru penyelenggaraan event. “Karena dapat dikatakan ini adalah panduan utama para Event Creator untuk mempelajari event yang telah berlangsung guna mendapatkan hasil maksimal untuk penyelenggaraan event berikutnya. Melalui data analytic, Event Creator akan mendapatkan gambaran secara tepat mengenai banyak hal, seperti waktu terbaik untuk menjual tiket, kota yang menjual tiket terbanyak, tipe pembayaran yang paling banyak digunakan hingga produk favorit yang dibeli selama acara berlangsung,” jelas Anvid.
Dari data yang dianalisa LOKET, Untuk sektor film asing, kategori superhero dan science fiction menjadi tontonan favorit masyarakat dengan tujuh film terpopuler yakni Avenger: Infinity War, Black Panther, Aquaman, Venom, Jurassic World: Fallen Kingdom, Ant-Man And The Wasp, dan Deadpool 2. Sedangkan tujuh film populer untuk sektor film lokal adalah Dilan 1990, Suzanna: Bernapas Dalam Kubur, A Man Called Ahok, Wiro Sableng Pendekar Kapak Maut, Si Doel The Movie, dan Milly & Mamet.
Sementara untuk event penjualan tiket terbanyak didominasi oleh konser dan festival musik, Celine Dion LIve 2018, DWP X, Wanna One World Tour, dan We The Fest. Kemudian disusul dengan ajang pesta olahraga dalam perhelatan Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018, serta event otomotif dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 dan Indonesia International Motor Show. Data ini berdasarkan pembelian tiket di GO-TIX, baik melalui aplikasi GOJEK maupun website www.go-tix.id.
“Segala pencapaian yang diraih LOKET hingga saat ini tentunya tidak bisa dilepaskan dari dukungan pemerintah terhadap kemajuan industri ini. Dengan dukungan yang diberikan pemerintah, kami harap ke depan LOKET dapat terus membantu lebih banyak Event Creator untuk lebih aktif berkarya dalam menciptakan kegiatan-kegiatan positif yang secara bersamaan mampu meningkatkan ekonomi di sekitar mereka dan menjadi salah satu kekuatan di industri kreatif Indonesia yang mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” pungkas Dimas.
STEVY WIDIA
Discussion about this post