Inilah 9 Tips Cara Seru & Murah Untuk Traveling

Rencanakan liburan.(Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

youngster.id - Seseorang yang melakukan traveling tentunya akan mendapat pengalaman seru sepulangnya dari perjalanan liburannya tersebut. Dimama traveling itu kini sudah menjadi hobi yang sangat menyenangkan khususnya bagi banyak milenial. Namun untuk mencoba mengunjungi semua tempat indah dibelahan bumi ini satu persatu tentu ada banyak tantangan yang akan dilalui.

Banyak hal yang perlu diperhatikan mulai dari budget yang cukup, aksesibilitas tempat wisata hingga waktu yang sempit. Akan tetapi pada era modern ini, sudah banyak cara alternatif untuk meminimalisir masalah tersebut dengan mudah.

Berikut ini 9 tips sebelum melakukan kegiatan traveling agar semakin menyenangkan dan bebas dari masalah :

1. Teliti Tempat Tujuan.
Penelitian untuk destinasi wisata sangat penting teman, untuk mengetahui hal yang harus kamu lakukan di tempat tujuan. Info untuk melakukan riset bisa kamu cari di media sosial ataupun panduan buku wisata online. Kalian bisa menyesuaikan budget dan mengetahui destinasi yang dikunjungi.

2. Cari Waktu Yang Tepat
Kamu harus mengecek kembali tanggal keberangkatan dan juga cuaca saat mau berangkat. Karena bila kamu datang di waktu yang salah maka segalanya akan berantakan. Selain itu, jangan berlibur di high season terlalu mahal dan ramai saat berlibur.

Baca juga :   Poco-poco Nusantara Raih Rekor Dunia

3. Menjelajahi Tempat Wisata Terdekat Dahulu
Sering kali kita meremehkan daerah wisata terdekat dengan kota kita, meskipun kita belum mencobanya. Padahal, setiap daerah di Indonesia mempunyai karakteristik yang unik dan beragam. Memancing rasa ingin tahu kamu untuk berpetualang dengan bujet yang minimalis.

4. Ikuti Program Open Trip
Sudah banyak Travel Agency yang menjual ragam paket wisata keliling Indonesia dengan harga yang relatif murah. Ini menjadi salah satu alternatif kalian untuk membandingkan budget yang kalian punya untuk mendapatkan tiket murah penerbangan.

5. Cari Penginapan murah.
Untuk menghemat bujet yang kamu punya, pilihlah penginapan murah namun tetap aman dan nyaman. Sudah banyak hotel murah dengan fasilitas yang memadai. Bahkan ada beberapa penginapan yang kini memasang tarif harga per tempat tidur untuk bermalam.

6. Bergabung Dengan Komunitas Wisata
Komunitas wisata memang menjadi acuan untuk mempermudah liburan kalian. Selain mendapat teman baru, anggota komunitas biasanya sudah berpengalaman dan bisa membantu kalian untuk menjelajahi tempat wisata baru.

Baca juga :   Telkomsel Buka 10 Outlet Baru T-Bike

7. Koneksi Itu penting.
Kamu punya banyak teman di berbagai wilayah Indonesia? Sudah saatnya untuk berkumpul kembali dengan mereka sekaligus berlibur bersama ke destinasi yang ditentukan. Terkadang mereka juga akan rela mengantar kamu kemana saja dan menawarkan tempat menginap gratis. Asyik bukan? Namun, kamu harus ingat untuk memperlakukan teman kamu sama baiknya bila berkunjung ke daerahmu.

8. Wisata Kuliner
Tentu saja, salah satu daya tarik traveling adalah menikmati berbagai kuliner lokal yang eksotis dengan harga yang sangat murah. Kamu bisa mencari tempatnya melalui melalui media sosial, pedagang kaki lima hingga pasar-pasar tradisional. Sensasi makanan lezat dengan banderol murah menjadi kenikmatan tersendiri saat berkunjung ke wilayah baru.

9. Tak Harus Tempat Wisata Mahal

Masuk ke tempat hiburan seperti pusat permainan, atraksi, museum maupun tempat lain yang memakan biaya banyak sebaiknya patut dipertimbangkan. Kamu bisa pergi piknik ke taman ataupun tempat wisata yang belum terjamah di Indonesia. Terkadang itu juga menjadi kebanggaan tersendiri oleh kamu, karena bisa berkeliling Indonesia, melihat alam sekitar dengan bujet terjangkau.

Baca juga :   Achmad Heryawan: Bisnis Perlu Berdampak Positif Bagi Lingkungan

FAHRUL ANWAR