Inilah Pemenang Wirausaha Mikro 2017

Citi Indonesia mengumumkan 9 pemenang wirausaha mikro Citi Microentrepreneurship Awards 2017 (Foto: Youngsters.id)

youngster.id - Citi Indonesia mengumumkan 9 pemenang wirausaha mikro Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) 2017. Termasuk satu penghargaan apresiasi bagi Lembaga Keuangan Mikro (LKM) terbaik.

“Citi Indonesia percaya bahwa kemandirian wirausahawan selalu berawal dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Kami yakin bahwa semakin banyak masyarakat yang berani dan siap berwirausaha yang dimulai dari skala mikro, maka semakin besar peluang pertumbuhan ekonomi Indonesia yang meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Sebagai inisiatif global dan program unggulan Citi Indonesia yang didanai oleh Citi Foundation, Citi Microentrepreneurship Awards bertujuan untuk meningkatkan wawasan mengenai pentingnya kewirausahaan dan akses keuangan bagi pengusaha mikro,” ujar Batara Sianturi, Chief Executive Officer Citi Indonesia.

Data dari Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa pelaku usaha mikro memberikan kontribusi bagi perkembangan ekonomi di Indonesia, dapat dilihat dari jumlahnya yang terus mengalami peningkatan. Disebutkan bahwa pada tahun 2013, terdapat 2.887.015 usaha mikro yang tersebar di seluruh Indonesia, jumlah tersebut terus meningkat dimana pada tahun 2015 mencapai angka 3.385.851 unit usaha mikro atau naik sekitar 17.3%.

Baca juga :   Wanita Ini Jadi Salah Satu “100 Most Impactful CSR Leaders - Global Listing”

“Kami memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Citi Indonesia atas penyelenggaraan kegiatan ini bahkan telah secara konsisten berlangsung selama 12 tahun. Program ini memberikan kontribusi terhadap jumlah UMKM di Indonesia dimana 98,77% adalah usaha mikro. Harapannya, kolaborasi dapat terjalin bersama dengan berbagai pihak termasuk dengan pemerintah, dalam hal pelatihan dan pembinaan lebih lanjut bagi para pengusaha mikro Indonesia,” ujar Budi Mustopo, Asisten Deputi Pengembangan Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

CMA yang telah diselenggarakan untuk ke-12 kalinya ini merupakan inisiatif dan program unggulan Citi yang didanai oleh Citi Foundation serta dilaksanakan di 30 negara, termasuk Indonesia. Selama periode penyelenggaraan CMA di Indonesia, ajang ini telah menarik lebih dari 5.500 pengusaha mikro serta telah memberikan penghargaan ke lebih dari 120 pengusaha mikro.

Pada penyelenggaraan CMA kali ini, selama periode pendaftaran yang dibuka pada 9 November 2016 lalu, terdapat lebih dari 500 pengusaha mikro dari berbagai provinsi di Indonesia yang mendaftarkan usahanya dalam ajang Citi Microentrepreneurship Awards.

Baca juga :   Pantau Aktivitas Gunung Agung via Aplikasi Ini

Menurut Elvera N. Makki, Country Head of Corporate Affairs Citi Idonesia, dari 500 pendaftar tersebut, diseleksi menjadi 50 terbaik, yang kemudian terpilih 20 pengusaha mikro terbaik untuk mengikuti pembekalan mengenai financial inclusion dan financial literacy serta berbagai materi yang terkait dengan pengembangan usaha mikro.

“Seleksi dilakukan oleh para juri yang kompeten di bidangnya serta dari berbagai latar belakang antara lain akademisi, sektor keuangan, media, bisnis, dan institusi pemerintah terkait,” ucap Elvera.

Penghargaan CMA 2017 diberikan kepada para pemenang yang terbagi ke dalam 5 (lima) kategori kompetisi, yakni (1) Green Microentrepreneur, (2) Agriculture Microentrepreneur, (3) Service Microentrepreneur, (4) Fishery Microentrepreneur, dan (5) Creative Microentrepreneur. Selain itu terdapat pula tiga kategori penghargaan khusus yang akan diberikan, yakni (1) Young Microentrepreneur, (2) Best Woman Microentrepreneur, dan (3) Most Innovative Microfinance Institution yang akan diberikan kepada lembaga keuangan. Penghargaan puncak bagi pengusaha mikro dalam Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) 2016-2017 adalah Microentrepreneur of the Year.

Berikut adalah para pemenang Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) 2016-2017:

  • Microentrepreneur of the Year : Rita Indriana
  • Young Microentrepreneur : Endi Putra Roza
  • Best Woman Microentrepreneur : Lia Nilamdewi
  • Green Microentrepreneur : Briane Novianti Syukmita
  • Agriculture Microentrepreneur : Heri Susanto
  • Service Microentrepreneur : Nufus Mutmainah
  • Fishery Microentrepreneur : Aris Hartana
  • Creative Microentrepreneur : Rita Indriana
  • Most Innovative Microfinance Institution : KSPPS Bina Sejahtera Ummat Banda Aceh
Baca juga :   British Council dan HSBC Gelar Pelatihan Bagi Generasi Muda

 

HENNI T. SOELAEMAN