#JakartaRumahku2018 Kolaborasi Kreatif Lewat Potret Jakarta

(ki-ka) Sejumlah publik figur dan influencer media sosial mendukung Festival #JakartaRumahku. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Jakarta adalah Ibukota Negara sekaligus salah satu pusat kegiatan kreatif di Indonesia. Karena itu berbagai kegiatan kreatif digelar di sini, salah satunya Festival kolaborasi bertajuk #JakartaRumahku2018.

Kegiatan ini menampilkan 80 karya berupa foto, video, narasi dan film pendek yang memotret Jakarta dari sudut pandang masing-masing. Ini merupakan kegiatan kedua dari ajang yang diinisiasi oleh Vosfoyer dan SabangMerauke.

“JakartaRumahku2018 bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap kota Jakarta dengan mengangkat potret kehidupan kota ini dari sisi ekonomi, sosial, dan budaya. Hal ini dilakukan melalui karya visual yang dihasilkan oleh warga Jakarta dan untuk warga Jakarta,” kata William Sudhana, Founder dan CEO Vosfoyer pada pembukaan Festival, Jumat (10/8/2018) di Plaza Indonesia, Jakarta.

Menurut dia pada penyelengaraan kedua ini mengangkat tema Diversifikasi – Kolaborasi – Apresiasi. “Dengan mengangkat tema Diversifikasi – Kolaborasi – Apresiasi pada #JakartaRumahku2018 ini, kami memiliki tujuan agar masyarakat Jakarta, khususnya generasi muda dapat menjunjung toleransi dan menghargai segala perbedaan yang ada di kota ini. Melalui perbedaan tersebut, justru kita harus saling berkerjasama untuk saling membangun kota Jakarta menjadi semakin maju,“ kata William lagi.

Baca juga :   Telkomsel Perluas Layanan T-Cash Ke Seluruh Indonesia

Sebelumnya, kampanye #JakartaRumahku2018 ini diviralkan dari kegiatan online melalui Instagram dengan menghasilkan 40 content creators terdiri dari 20 fotografer dan 20 videografer yang berkolaborasi membuat karya untuk Jakarta. Karya ini dihadirkan dalam bentuk pameran instalasi yang ditata oleh Kamil Muhammad, dari studio arsitektur dan riset Ppppooolll. Sedang untuk pameran foto, merupakan karya dari Riop yang menampil foto dari sejumlah public figure dari model, aktris, musisi atlet hingga pebisnis. Diantaranya model Mike Lewis, penyanyi Kalulla, dan atlet Elga Kharisma.

“Rangkaian acara ini digelar sebagai salah satu cara agar masyarakat Jakarta, khususnya kaum muda untuk lebih menyadari potensi mereka khususnya di bidang seni visual dan juga menyediakan wadah bagi mereka yang ingin mempertunjukan karyanya kepada khalayak umum lewat sebuah pameran,” kata William.

Selain pameran, festival ini juga menggelar workshop yang dikurasi oleh platform MauBelajarApa. Berbagai macam workshop menarik mulai dari Self Branding, fotografi, hingga pembuatan Terrarium juga disajikan oleh penyelenggara. Festival akan berlangsung hingga 31 Agustus 2018.

Baca juga :   Aplikasi Sipindo Dorong Produktivitas Petani

 

STEVY WIDIA