youngster.id - Untuk pertama kalinya di Asia terbangun kerjasama strategis antara e-commerce dan maskapai penerbangan. Dan ini dirintis oleh JD.ID dengan maskapai Citilink Indonesia. Lewat kerjasama ini akan hadir berbagai layanan baru bagi masyarakat Indonesia.
“Apa yang JD.ID lakukan dengan kolaborasi bersama Citilink Indonesia ini menjadi sebuah langkah inovasi bagi kami karena ini merupakan kali pertama perusahaan e-dagang bermitra dengan sebuah maskapai penerbangan. Kami bersama-sama bertujuan untuk membuat pengalaman konsumen menjadi menyenangkan,” kata Zhang Li President Director JD.ID pada penandatangan nota kesepahaman (MoU) kolaborasi e-dagang JD.ID dan Citlink Indonesia Kamis (31/8/2017) di Hotel Raffles, Jakarta.
Sementara itu, Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan, kerjasama ini dapat memberikan nilai tambah pada penerbangan Citilink Indonesia. Penerbangan berbelanja online dalam penerbangan kiranya dapat menjadi suatu pengalaman unik tersendiri.
“Dinamisnya industri penerbangan membutuhkan inovasi – inovasi sebagai faktor pembeda. Data BPS tahun 2016 menunjukkan industri e-commerce dalam 10 tahun terakhir tumbuh sekitar 17% dengan total sekitar 26,2 juta usaha. Dengan kata lain terobosan ini bisa memberikan pengalaman unik bagi penumpang dan pelanggan kami berdua,” ungkap Juliandra.
Tiga Fase
JD.ID, perusahaan e-commerce yang terafiliasi dengan toko online terbesar di Asia, JD.com. Menurut Li, pemilihan kerjasama dengan Citilink Indonesia adalah berdasarkan keinginan untuk memberi pengalaman yang menyenangkan bagi konsumen. “Selain itu karena Citilink adalah maskapai terbesar dengan rute penerbangan yang terluas di Indonesia,” kata Timothius Martiin Head of Marketing JD.ID.
Kontrak kerja sama ini dilaksanakan selama setahun, dimulai pada 31 Agustus 2017 hingga 30 Agustus 2018. Bentuk kerja sama ini dibagi dalam tiga fase.
Fase pertama, penumpang Citilink yang bertransaksi tiket melalui situs resmi Citilink akan mendapatkan voucer JD.ID sebesar Rp 100.000 tanpa pembelian minimum. Penumpang Citilink yang membeli di JD.ID dengan voucer ini bisa memilih barangnya akan diantar langsung ke rumah, diambil di booth Citilink Indonesia di bandara, atau diberikan saat berada di kabin pesawat. Fase pertama akan dimulai pertengahan September 2017.
Kedua, akan disediakan JD.ID Citilink Digital Lounge. Digital lounge ini masih dikonsep. Di dalamnya, akan terdapat product demo station, wifi service, dan inlounge shopping. Nantinya, fasilitas ini akan ada di terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, diperkirakan pada kuartal satu tahun 2018.
Ketiga adalah adanya fasilitas entertainment dan belanja online di dalam pesawat. “Semua ini akan kami laksanakan selama masa kerjasama ini berjalan,” ujar Juliandra.
STEVY WIDIA
Discussion about this post