JNE Gandeng KoinWorks Untuk Dukung Member UKM

Anggota JNE Loyalty Card (JLC) kini bisa dapat pinjaman dana dari Koinworks. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

youngster.id - Perusahaan penyedia layanan logistic JNE mengumumkan kemitraan dengan startup fintech KoinWorks. Kerjasama ini akan membuat member JNE Loyalty Card (JLC) dapat memperoleh fasilitas pinjaman.

Vice President Marketing JNE, Eri Palgunadi mengatakan, kerja sama ini bertujuan untuk membantu para pelaku usaha kecil menengah (UKM) dalam mengembangkan usahanya. Dengan adanya kerja sama ini, member JLC bisa lebih terbantu dalam mengajukan pinjaman usaha karena profil mereka sudah tersimpan dalam database JNE.

“Kenapa (bermitra) dengan KoinWorks? Karena mereka yang pertama kali datang ke kami. Kalau ditanya, bisa enggak dengan (P2P lending) lain, bisa. Tapi KoinWorks yang punya konsep pertama kali mengintegrasikan jaringan member kami dengan bisnis P2P lending,” ungkap Eri belum lama ini di Jakarta.

Menurut Eri, JNE tentu mendapat keuntungan berupa komisi dari KoinWorks. Namun menurutnya yang terpenting bukanlah komisi tersebut, melainkan bagaimana JNE membantu member mereka yang loyal agar usahanya semakin berkembang.

“Karena kalau bisnis mereka berkembang, yang untung JNE juga. Kerja sama dengan KoinWorks merupakan bagian dari bagaimana kami mengantisipasi perubahan dalam dunia e-commerce yang selalu berdasar pada tiga hal, marketplace, logistik, dan bisnis keuangan. Tiga ini harus berkolaborasi untuk memperkuat bisnis dan ekosistem dari UKM,” jelasnya.

Baca juga :   Tim Mahasiswa Madura Unjuk Gigi di Kontes Developer Tingkat Dunia

Hal senada juga disampaikan CEO KoinWorks, Benedicto Haryono. Menurutnya masalah komisi yang didapat JNE dari kemitraan ini terbilang kecil untuk nilai ekonominya. Meski begitu, ia tak bisa menyebutkan berapa persen komisi yang didapat oleh JNE.

“Maksud saya, apapun komisi yang kita share, nilai ekonominya sangat kecil. Mereka (JNE) melihat ekonomi dividen yang lebih besar dengan mengembangkan bisnis-bisnis para member JLC,” kata Ben.

Bagi member JLC yang tertarik mengajukan pinjaman, nanti bisa melayangkan pengajuan melalui platform JLC yang sudah semi terintegrasi dengan KoinWorks. Untuk pelaksanaannya, Ben menargetkan pada pekan terakhir Januari 2018, para member JLC sudah bisa mengajukan pinjaman secara online ke KoinWorks.

Sebagai informasi, KoinWorks menawarkan jumlah pinjaman sebesar Rp10 juta hingga Rp2 miliar dengan bunga mulai dari delapan persen per tahun khusus member JLC. Jangka waktu pinjaman yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari enam bulan hingga 24 bulan.

Ben menjelaskan pada tahap awal kemitraan ini pihaknya baru memberikan pengajuan pinjaman secara eksklusif kepada member JLC. Namun ia tak menutup kemungkinan kemitraan ini bisa diperluas sehingga semua pengguna JNE bisa mendapatkan fasilitas tersebut.

Baca juga :   Shopee Pecahkan Rekor Dengan 1 Juta Pesanan Dalam 24 Jam

“Ke depan secara bertahap baru dikembangkan ke semua pengguna JNE. Ya beberapa bulanlah hanya untuk member JLC, karena di awal roll out kami mau lebih terkontrol, terkonsentrasi, tujuannya di mana, geografisnya di mana, programnya seperti apa,” tegas Ben.

STEVY WIDIA