Kata.ai Hadirkan Inovasi Pemanfaatan AI Bagi Bisnis

Irzan Raditya selaku CEO dan Co-Founder Kata.ai membuka Interact 2019. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Kata.ai menggelar INTERACT 2019 untuk memperkenalkan Integrated Conversational Platform yang terdiri dari sepuluh produk terbaru. INTERACT 2019 juga menjadi babak final dari KataHack 2019, yang merupakan wadah bagi para developer di Indonesia untuk berkompetisi membuat solusi atas berbagai masalah dengan menggunakan platform dan tools yang disediakan oleh Kata.ai.

Irzan Raditya selaku CEO dan Co-Founder Kata.ai berharap penggunaan teknologi dari Kata.ai dapat mendorong berkembangnya berbagai solusi baru berbasis AI di Indonesia.

“Kami ingin menempatkan teknologi kami sebagai enabler atau pendukung, di mana pelaku bisnis atau developer bisa memanfaatkan teknologi yang kami miliki untuk mengembangkan solusi atas tantangan yang mereka hadapi. Kami yakin banyak sekali tantangan dihadapi berbagai sektor di Indonesia yang tidak mungkin kami bisa kuasai sendiri, tapi dengan menyediakan teknologi kami dalam bentuk “developer platform” kami bisa bekerja sama dengan, developer, pelaku bisnis, dan ahli pada berbagai sektor untuk membangun solusi yang relevan,” ungkap Irzan dalam keterangannya, Rabu (6/11/2019) di Jakarta.

Baca juga :   Satu Startup Indonesia Masuk Microsoft Accelerator Gelombang 11

Untuk itu, Kata.ai memperbaharui produk Kata Platform menjadi sebuah Integrated Conversational Platform. “Sektor yang menjadi fokus kami kedepannya adalah industri pelayanan kesehatan, jasa keuangan, pendidikan, dan juga social commerce,” ujar Irzan.

Berbeda dengan sebelumnya di mana platform ini hanya terfokus pada proses pengembangan chatbot, platform terbaru ini dikembangkan untuk menjadi sebuah one-stop-solution untuk mengembangkan dan mengelola solusi conversational AI, mulai dari pengelolaan percakapan, pengembangan asisten virtual untuk perusahaan, integrasi antara chatbot dengan operasional customer service, membuat asisten virtual berbasis suara, hingga mengelola aktivitas kampanye pemasaran.

Irzan menjelaskan, fitur – fitur ini dirancang untuk membuat solusi yang mempermudah interaksi dengan pengguna melalui percakapan teks (chatting) maupun melalui ucapan dengan suara.

Pada kesempatan ini, INTERACT 2019 juga menjadi babak final dari kompetisi KataHack 2019 yang telah dihelat oleh Kata.ai sejak 14 Oktober lalu, dan telah diikuti oleh lebih dari 200 developer dalam 84 tim dari seluruh Indonesia. Lima tim terbaik kemudian dipilih menjadi finalis yang menawarkan solusi yang beragam yaitu :

Baca juga :   Pameran Otomotif Dapat Perkuat Industri dan Investasi

1. Patricia – Personal Payment Assistant
Chatbot yang bisa membantu banyak orang dalam mengatur urusan finansial sampai jadwal bayar tagihan dalam chat apps.

2. Snowball – KRAVE
Chatbot yang bisa membantu Anda merencanakan liburan yang sesuai dengan budget secara lebih praktis.

3. EasyFishy – AdBoard
Papan iklan interaktif dengan menggunakan metode text-to-speech.

4. Elea – Elea Bot
Chatbot yang bisa menjadi pertolongan berbasis teknologi untuk membantu orang yang menghadapi keluhan kesehatan mental.

5. A4 – Oti Parenting Bot
Chatbot yang bisa membantu para orang tua dalam mengontrol percakapan bermuatan konten negatif menggunakan otomatisasi chatbot di grup chat.
.

FAHRUL ANWAR