Kebiasaan Bermain Medsos Ganggu Tidur 62% Masyarakat Indonesia

Princess Cruises merilis Laporan Relaksasi (Relaxation Report) tahunan kesembilan. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Hasil survey global pertama Princess Cruises di 12 negara, termasuk Indonesia, menemukan bahwa kebiasaan digital masyarakat Indonesia mempengaruhi mutu tidur mereka, dengan 62% penduduk melihat media sosial sebelum tidur.

Dengan semakin pentingnya peran komunikasi digital dalam kehidupan masyarakat Indonesia, hasil survey menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk tertinggi di antara 12 negara yang di-survey, yang memeriksa media sosial sebelum tidur. Riset telah menunjukkan dampak cahaya biru pada perangkat nirkabel sebelum tidur dapat mengurangi mutu tidur seseorang.

“Dari riset saya banyak orang Indonesia melakukan tidur di awal karena memerlukan bangun pagi sekaligus melakukan aktifitas. Bahkan kemacetan dan jauhnya tempat kerja dari sering membuat badan menjadi kelelahan. Malahan banyak orang menggunakan media sosial sebelum tidur padahal kondisi itu akan mengganggu siklus tidur kita, ” ujar Dr. Michael Breus Ph.D, di acara peluncuran Princess Cruises Luxury Beds di Hotel Aston Kuningan Jakarta Selasa (7/8/2018).

Sebagai bagian dari kampanye “Come Back New Promise’, Princess Cruises bermitra dengan para ahli terkemuka, baik dalam ilmu pengetahuan dan pesona tidur dalam mengembangkan Princess Luxury Bed. Dianugerahi dengan penghargaan ‘Best Cruise Ships Beds’ oleh Cruises Critic, Princess Luxury Bed adalah tempat tidur pertama dan satu-satunya di dunia yang dikembangkan khusus untuk pelayaran oleh ahli tidur bersertifikat, Dr Breus, guna mengantarkan tamu dalam menikmati sensasi tidur nyenyak di atas samudera.

Baca juga :   TKI di Malaysia Ikut Sertifikasi Wirausaha

“Tidur terus menjadi masalah bagi sebagian orang di seluruh dunia dan lintas generasi, baik di rumah maupun saat bepergian. Tidur merupakan pengalaman sensorik vital yang memungkinkan tubuh seseorang mengisi ulang energi dan memulihkan diri dari ketegangan mental dan fisik,” menurut Dr Breus.

Dr. Michael Breus Ph.D, dokter tidur dengan daftar klien yang terdiri dari selebriti Hollywood kelas-A, hadir di Jakarta dalam perhentian kedua Asia Sleep Tour. Beliau membagikan wawasan seputar Relaxation Report.

“Dengan bermitra bersama Princess Cruises, saya yakin kami telah menemukan beberapa aspek yang benar-benar unik yang bukan hanya sekedar tempat tidur itu sendiri, melainkan pengalaman menyeluruh yang akan mengantar para tamu untuk tidur nyenyak, ” sambung dia.

Hasil survey itu mengungkapkan, dibandingkan dengan Gen X dan Baby Boomers yang lebih memilih menonton televisi sebelum tidur, generasi Millennial di Indonesia cenderung lebih memilih untuk beralih ke media sosial.

Menariknya, meskipun penggunaan media sosial yang tinggi di negara-negara Asia lainnya, masyarakat di negara lain biasanya menolak untuk memeriksa media sosial sebelum tidur, dimana hanya 23% masyarakat di Korea Selatan serta 24% masyarakat di Jepang yang bermain media sosial sebelum tertidur.

Baca juga :   Akara Juara Nasional ROG Masters 2017

Dalam rangka meluncurkan Laporan Relaksasi (Relaxation Report) tahunan kesembilan, Princess Cruises memperluas studinya ke khalayak global, yakni dengan menambah perwakilan dari Singapura, Taiwan, Jepang, Hong Kong, Tiongkok, Korea, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Inggris, serta Australia.

“Princess Cruises selalu berinovasi dalam menghadirkan berbagai macam penemuan baru dan pilihan bersantai bagi para tamu yang mencari pengalaman wisata unik. Princess Luxury Bed adalah salah satu inovasi yang dirancang guna memberikan kualitas tidur terbaik ketika di lautan lepas. Tamu-tamu di kawasan Asia Tenggara dapat menikmati pengalaman tidur di atas Princess Luxury Bed pada saat musim berlabuh di Singapura mulai November 2018 hingga Maret 2019, ” ucap Farriek Tawfik, Direktur Asia Tenggara, Princess Cruises.

Princess Luxury Bed akan tersedia di 15 kapal pesiar mulai akhir Agustus. Kemudian disusul dua kapal lainnya yang pada tahun 2019. Dalam rangka mempersiapkan para tamu untuk menikmati pengalaman tidur terbaik saat di lautan, Princess Cruises dan Dr Breus juga mengoptimalkan kabin untuk mendapatkan pengalaman sensorik tidur nyenyak. Para tamu kategori suite akan mendapatkan ‘SLEEP by Princess Kit’ yang mencakup perlengkapan tambahan seperti penutup mata, penutup telinga, aroma terapi, aplikasi Good Night™ dari Dr Breus, dan masih banyak lagi.

Baca juga :   BNVLabs, Program Inisiasi Startup Berbasis Fintech

 

FAHRUL ANWAR