Kemenpora Apresiasi SILATNAS FKP 2018 untuk Tingkatkan Dunia Usaha Muda

Silaturahmi Nasional (SILATNAS) Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) 2018. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Pertumbuhan wirausaha di Indonesia ini sangat penting. Saat ini jumlah wirausaha Indonesia baru mencapai 3,1 persen dari jumlah penduduk (7,8 juta orang). Jumlah ini masih di bawah Negara Malaysia yang mencapai 5%, Singapura 7%, China 10%, atau USA 12%. Untuk itu Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengapresiasi Silaturahmi Nasional (SILATNAS) Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) 2018.

“Mewakili pemerintah kami memberikan apresiasi atas eksistensi FKP atas kiprahnya baik dalam mengembangkan organisasi untuk tumbuh berkembangnya wirasaha dan upaya pengembangan kewirausahaan pemuda di Indonesia,” ungkap Jonni Mardizal Staf Ahli Menpora Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal saat membuka SILATNAS FKP, Senin (3/12/2018) di Gedung PPON Cibubur, Jakarta.

Acara yang mengambil tema Pemuda Berwirausaha, Indonesia Jaya dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 3-6 Desember 2018 diikuti 100 pengusaha muda dari 20 Provinsi.

Menurut Jonni, capaian angka Indeks Pembangunan Pemuda pada Domain Lapangan dan Kesempatan Kerja masih digolong rendah yakni 40 % pada tahun 2016. Sementara itu, lanjutnya, saat ini Indonesia menghadapi bonus demografi hingga 2035. Sebuah kondisi yang harus dioptimalkan agar potensi tersebut bisa menjadi kekuatan efektif dalam memberikan kontribusi kepada kesejahteraan bangsa.

Baca juga :   Pasar Cloud untuk UKM di Indonesia Menjanjikan

“Melihat kondisi ini maka mau tidak mau kita harus berusaha mengejar ketinggalan dengan mendorong tumbuhnya jumlah wirausaha yakni dengan mengajak para pemuda sebanyak-banyak untuk menjadi wirausaha muda pemula, atau menjadi start-up business,” jelas Jonni yang didampingi Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Imam Gunawan.

FKP yang beranggotakan para wirausaha muda dengan skala yang kecil hingga berskala berkembang hingga mapan, menurutnya, dapat memainkan perannya untuk mengembangkan kewirausahaan. “FKP dapat menjadi wadah untuk mengembangkan skala usaha anggotanya dengan menggunakan jejaring kerja anggota,” tutupnya.

Ketua Umum FKP An Nuur Budi Utama mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi para wirausaha muda seluruh Indonesia serta wujud kerja nyata FKP. Selain itu, Nuur juga berharap, kegiatan ini dapat membekali 100 pengusaha muda yang menjadi peserta untuk menjalankan program-program nyata dalam memajukan kewirausahaan di daerah masing-masing.

STEVY WIDIA