Kini, Ada Penghargaan untuk Film di Popcon Asia 2018

Untuk pertama kalinya gelaran Popcon Asia akan memberikan Popcon Award untuk film-film Indonesia (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sebagai penghargaan pada film Indonesia, untuk pertama kalinya gelaran Popcon Asia 2018 akan memberikan Popcon Award untuk film Indonesia.

“Popcon Award Film Panjang Indonesia adalah penghargaan yang diberikan kepada film dan perfilman Indonesia, sebagai budaya Pop – melahirkan cendekia dan talenta-talenta kreatif yang menjadi lokomotif dunia kreatif Indonesia di masa depan. Mengenai pemilihan kategori yang unik adalah untuk membedakan Popcon Awards Film Panjang Indonesia dengan event-event sejenis dan sekaligus untuk memberikan ciri khas tersendiri yang akan dikenal oleh insan-insan perfilman Nusantara,” terang Yenny Wangsawidjaja, CEO Popcon Inc.

Film adalah salah satu pilar Popcon. Sebagai acara terbesar di Indonesia yang merayakan budaya Pop, tentu saja film menjadi salah satu perayaan utama.  2018 merupakan tahun yang spesial bagi industri perfilman Tanah Air. Dalam waktu tiga tahun terakhir, jumlah penonton Film Indonesia semakin meningkat. Total penonton Film Indonesia di tahun 2016 sudah mencapai 34,5 juta, atau meningkat lebih dari dua kali lipat dari tahun 2015, dan mencapai 40,5 juta di tahun 2017. Pencapaian ini terus berlanjut di tahun 2018, dimana jumlah penonton Film Indonesia sepanjang Januari-Agustus saja sudah tembus 36 juta.

Baca juga :   Aktor Wil Traval Akan Meriahkan Popcon Asia 2018

Angka-angka fantastis ini didukung oleh hadirnya film-film Indonesia yang semakin unik dan menarik. Film “Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1” (6,9 juta) dan “Dilan 1990” (6,3 juta) bahkan menjadi film terlaris sepanjang masa, yang hanya bisa dikalahkan oleh “Avengers: Infinity War” (7,9 juta).

Untuk itu, dalam gelaran Popcon Asia kali ini diberikan Popcon Award untuk film-film Indonesia, baik berdurasi panjang maupun film pendek. Popcon Award juga sebagai usaha untuk melengkapi penghargaan-penghargaan bagi film Indonesia yang sudah ada.

Ada lima kategori yang dihadirkan oleh Popcon Award untuk film panjang, yaitu Most Memeable Film, Idola Kawula, Best Duet, Best Horror, dan Best Product Placement. Dimana “Dilan 1990”, “Pengabdi Setan”, “Ayat-Ayat Cinta 2”. “Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak”, “Posesif”, “Yo Wis Ben”, dan “Sebelum Iblis Menjemput” menjadi beberapa judul yang masuk nominasi.

Selain penghargaan untuk film panjang, Popcon juga tidak melupakan film-film pendek dan web-series. Kategori yang tersedia untuk film-film Pendek dan Web-Series adalah Rising Filmmaker, Memorable Character, dan Outstanding Web-Series.

Khusus Popcon Award kategori film panjang Indonesia, film pendek dan web-series, Popcon Asia 2018 memboyong nama-nama terkenal untuk menjadi kurator seperti Adrian Jonathan Pasaribu, pendiri dari Cinema Poetica, Stephany Josephine blogger “thefreakyteppy” dan Candra Aditya reviewer film yang suka menggunakan gaya bahasa menggemaskan, dan suka melihat detail-detail kecil dari film yang terkadang terlewatkan.

Baca juga :   XL Implementasikan RDS Teknologi Baru di Bandara Soetta

Selain Popcon Award bertema film, ada juga Comic Category, Game Category dan untuk pertama kalinya ada nominasi Best Boardgame Of The Year yang bakal membuat suasana penutupan hari pertama Popcon Asia 2018 berlangsung meriah.

Pada tahun ini, Popcon Asia juga menampilkan konten-konten bertema film yang lebih banyak. Ada diskusi panel para cast dari film Foxtrot Six yang bakal tayang di awal tahun 2019, peluncuran teaser trailer perdana dari film Dreadout yang merupakan film live-actionpertama yang diadaptasi dari video game karya anak bangsa, para cast film Generasi Micin Vs Kevin, dan kehadiran cast Dear Nathan: Hello Salma, film drama remaja tahun 2017 dimana pemeran utamanya, aktor muda Jefri Nichol meraih penghargaan bergengsi dari festival film Bandung untuk kategori pemeran utama pria terpuji film bioskop.

 

FAHRUL ANWAR