youngster.id - Semakin banyaknya penggguna smartphone di Indonesia serta semakin baiknya kualitas jaringan internet mobile membuat transaksi menggunaka jalur online meningkat. Termasuk untuk pemesanan tiket perjalanan dengan kereta api kini lebih banyak lewat jalur online.
PT KAI selaku muara dari pemesanan kereta api d seluruh Indonesia mengaku bahwa saat ini transaksi pemesanan tiket yang terjadi jauh lebih banyak didominasi oleh transaksi pemesanan online di situs-situs atau aplikasi pemesanan tiket online.
Mukti Jauhari EVP Passenger and Ticketing Sales PT KAI mengatakan, pada tahun lalu transaksi pemesanan tiket lebih didominasi oleh pemesanan secara online ketimbang membeli langsung di tiap loket stasiun.
“Untuk tahun lalu PT. KAI berhasil menjual 60% tiket secara online dan 40% secara ofline. Untuk tahun ini diharapkan dapat bertambah hingga 65-70%” ungkap Mukti pada acara kerjasama strategis Traveloka dan PT. KAI untuk pemesanan tiket Kereta Api, Rabu (8/3/2017) di Jakarta.
Lebih lanjut Mukti menjelaskan, PT.KAI pada tahun lalu menjual sekitar 60% tiket secara online dan 40% untuk ofline. Angka tersebut diharapkan bisa bertambah pada tahun ini seiring dengan banyaknya kerjasama yang dilakukan oleh PT. KAI dengan beberapa mitra eksternal mereka yang kini tercatat hingga 31 mitra eksternal, termasuk dengan Traveloka.
Opsi
Sementara itu, Senior VP Business Development Traveloka, Caesar Indra mengungkapkan bekerjasama dengan PT. KAI dalam hal pemesanan tiket ini dapat memberikan opsi perjalanan yang lengkap bagi konsumen.
“Sudah lama kami mendengar masukan dari konsumen Traveloka untuk mengadakan penjualan tiket kereta api di Traveloka. Untuk itu pada kuartal pertama di tahun 2017 kami bekerjasama dengan PT. KAI untuk pemesanan tiket kereta api,” ujar Caesar.
Dia menjelaskan, untuk memesan tiket kereta api di Traveloka, pengguna terlebih dahulu harus mengupdate aplikasi mereka terlebih dahulu. Setelah itu, mereka tinggal masuk ke menu layanan pemesanan Tiket Keretapada halaman utama Traveloka. Kemudian, pelanggan tinggal memilih destinasi awal dan akhir serta tanggal keberangkatan dan jumlah kursi. Setelah itu, pengguna tinggal melanjutkan ke menu pembayaran yang disediakan oleh Traveloka.
Seelah menyelesaikan pembayaran, pengguna akan mendapatkan e-ticket yang disertakan oleh barcode melalui email pengguna. Barcode tersebut bisa mempermudah pengguna untuk menukar e-ticket dengan boarding Pass di Stasiun tujuan melalui mesin scan di stasiun tersebut.
Caesar juga menjamin bahwa harga tiket yang dijual di situs mereka merupakan harga yang paling murah dan tidak ada biaya tambahan. Selain memiliki harga yang murah, pengguna juga berkesempatan untuk memilih kursi melalui aplikasi mereka.
Pada tahun 2019 mendatang, PT. KAI juga berharap sekitar 90 % transaksi kereta api mereka tanpa menggunakan uang cash. Mukti juga menegaskan bahwa mereka tidak pernah membeda-bedakan atau memberikan slot kursi yang berbeda antara para mitra. Kesemua transaksi masuk diungkapkannya tergantung dari siapa cepat booking.
“Tidak ada pembagian kuota. Tergantung kuat-kuatan infrastruktur dari agen yang bekerjasama,” pungkasnya.
ARIE KUSNANDAR
Discussion about this post