Kini Startup Indonesia Rambah Sektor Pertanian dan Kesehatan

Startup pertanian mulai banyak di Indonesia. (foto : Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Startup tak melulu bergerak di bidang teknologi,tetapi telah merambah ke kategori yang dianggap dapat berdampak bagi masyarakat luas seperti pertanian dan keshatan.

President Director Plug and Play Indonesia, Wesley Harjono mengungkapkan, tren startup di Tanah Air akan tetap pada pakemnya, yakni e-Commerce, fintech, pemerintahan, dan transportasi. Namun, ada dua kategori baru yang akan mendominasi startup Indonesia.

“Tahun ini akan muncul health tech (kesehatan) dan agriculture tech (pertanian). Apalagi banyak sekali petani yang kekurangan dana karena sudah terbentur masalah supply chain yang berbelit-belit,” kata Wesley belum lama ini di Jakarta.

Apa yang disampaikan Wesley, terbukti dari terpilihnya salah satu startup Plug and Play angkatan pertama yang bergerak di bidang pertanian, Sayurbox. Pandangan tersebut pun diamini langsung oleh founder Sayurbox, Metha Trisnawati.

Menurutnya, sektor pertanian dan perkebunan di Indonesia butuh sokongan teknologi lewat startup. Dan tahun ini, dianggap menjadi momen penggebrak agar startup lain dengan misi serupa bisa bangkit.

Terkait anggapan tren startup e-Commerce akan pudar seiring berjalannya waktu, Wesley menampik hal tersebut. Menurutnya, e-Commerce memegang peran penting dalam menopang ekonomi digital di Indonesia. “UMKM kita jumlahnya sangat besar, jadi nggak mungkin menghilang,” tandasnya.

Baca juga :   Startup Indonesia Punya Potensi Besar Untuk Tumbuh

STEVY WIDIA