Kolaborasi Akseleran dan Warung Pintar Untuk Pembiayaan Pedagang Kecil

Salah satu kios Warung Pintar. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Untuk mendukung dan memajukan para pedagang kecil, PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) berkolaborasi dengan Warung Pintar.Akseleran menargetkan dapat mendukung lebih dari 700 mitra Warung Pintar untuk memperoleh pembiayaan modal usaha produktif mulai dari Rp1 juta hingga Rp2 miliar.

“Tujuan kami karena ingin membantu para pedagang kecil yang merupakan mitra dari Warung Pintar agar mereka dapat membeli persediaan dagang untuk warungnya tanpa terkendala modal. Fasilitas pembiayaan yang Akseleran berikan mulai dari Rp1 juta hingga Rp2 miliar, tergantung dari total purchase order selama setahun yang dimiliki oleh masing-masing Warung Pintar,” kata Ivan Nikolas Tambunan CEO & Co-Founder Akseleran dalam keterangannya, Selasa (16/10/2018) di Jakarta.

Menurutnya, keberadaan Akseleran di tengah-tengah masyarakat saat ini semakin berperan untuk mewujudkan inklusi keuangan menjadi realitas karena tidak saja memberikan kemudahan akses pembiayaan modal usaha kepada para pelaku usaha kelas menengah ke atas, melainkan juga kepada para pelaku usaha kecil.

“Biasanya pembiayaan usaha mikro seperti ini sangat berisiko. Namun, dalam skema dengan Warung Pintar, rekam jejak transaksi pembelian inventory tercatat secara digital dan dana pencairan pinjaman hanya dapat digunakan untuk membeli inventory dalam ekosistem Warung Pintar sehingga kita dapat memitigasi risiko kredit secara substansial,” ungkap Ivan.

Baca juga :   Tokopedia Sokong Kreator Lokal di Program Ramadan Ekstra

Ivan menegaskan, kolaborasi dengan Warung Pintar tetap tidak akan mengubah model bisnis Akseleran yang tetap mengusung pembiayaan usaha produktif. Hanya jumlah pembiayaan yang disalurkan oleh Akseleran akan bergerak ke mikro karena disesuaikan dengan kemampuan dari mitra Warung Pintar.

Chief Marketing Officer Akseleran, Andri Madian, menjelaskan, melalui tambahan kolaborasi ini akan semakin memperkuat perusahaan untuk dapat merealisasikan total target pembiayaan sebesar Rp1 triliun hingga 31 Desember 2019. Adapun dari target tersebut, Andri menyampaikan, sebesar Rp200 miliar diantaranya akan berasal dari total pembiayaan pada akhir tahun 2018.

“Akseleran siap memfasilitasi pembiayaan modal usaha kepada lebih dari 700 mitra Warung Pintar yang tersebar di wilayah Jadetabek. Sementara, hingga pertengahan Oktober ini, Akseleran sudah menyalurkan total pembiayaan sebesar Rp135 miliar kepada 295 pinjaman dengan lebih dari 49 ribu lender,” tambah Andri.

 

STEVY WIDIA