Kolaborasi Zenius Dan We The Teachers: Berdayakan Guru Lewat Teknologi

Chief Education Officer Zenius Education, Sabda PS dan Founder We The Teachers Amanda Witdarmono. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Sebuah tantangan tersendiri bagi para guru untuk dapat beradaptasi, terutama di era digital dimana arus informasi berjalan begitu cepat. Terkait hal itu, Zenius Education mengandeng We The Teachers (WTT), sebuah organisasi yang berfokus pada pemberdayaan guru di berbagai daerah di Indonesia.

Turut mendukung program pemerintah menciptakan SDM Unggul di Indonesia,Zenius Education mengumumkan kerja sama strategisnya dengan We The Teachers (WTT). Chief Education Officer Zenius Education, Sabda PS mengatakan, kerja sama ini turut mempertegas komitmen Zenius Education untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, melalui pemberdayaan guru lewat teknologi.

“Dari pengalaman di lapangan, kami menemukan bahwa guru merupakan aspek penting dalam menunjang keberhasilan belajar mengajar. Kami menyadari betul bahwa teknologi tidak serta merta dapat menggantikan peran guru. Teknologi justru dapat digunakan sebagai kanal untuk memberdayakan (empowering) para guru sehingga dapat menjawab tantangan pendidikan di era digital,” kata Sabda Selasa (19/11/2019) di Jakarta.

Dia memaparkan, tahap awal kerja sama antara Zenius Education dan We The Teachers ini akan difokuskan pada dua program utama. Pertama, pemberdayaan guru di wilayah-wilayah tertinggal di Indonesia. Pemberdayaan yang dilakukan adalah melakukan digitalisasi dalam proses belajar mengajar, bukan hanya dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran, tetapi juga sebagai bantuan untuk tugas-tugas administratif yang menyita waktu. Tujuannya agar guru bisa lebih banyak menggunakan waktu dan energinya untuk menjalankan perannya sebagai pendidik, yang memfasilitasi proses pembelajaran dan pribadi yang menginspirasi. Kedua, distribusi infrastruktur belajar mengajar yang lebih baik.

Baca juga :   Edutech, Solusi Peningkatan Kualitas SDM Indonesia

Berbeda dengan anggapan umum yang mengatakan bahwa edtech dapat menggantikan peran guru, Zenius justru percaya bahwa guru tetap menjadi pilar utama dalam pendidikan, dengan teknologi sebagai alat bantunya.

“Platform digital memudahkan akses dan peningkatan kemampuan pelajar. Dengan bantuan teknologi, peningkatan kualitas manusia dapat dipercepat sepuluh hingga dua puluh kali lipat dengan cara yang efisien,” papar Sabda. Dia berharap melalui kerjasama ini Zenius berkesempatan untuk belajar banyak mengenai apa yang dibutuhkan oleh dunia pendidikan.

Amanda Witdarmono, Founder We The Teachers, mengungkapkan, lahirnya generasi yang dekat dengan teknologi menuntut guru untuk mampu beradaptasi dengan pendekatan belajar yang mengikuti perkembangan zaman. Namun demikian, pada praktiknya masih banyak guru yang belum mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan fasilitas yang mendukung kegiatan belajar mengajar dengan efektif dan tepat sasaran.

“Alasan mereka bekerja sama dengan Zenius dari pengalaman kami melihat, bahwa di era ini, agar lebih maksimal, guru dapat menggunakan bantuan teknologi untuk mengefisiensikan tugas-tugas administratif mereka. Inilah alasan kami bekerja sama dengan Zenius Education, visi kami sama untuk mencerahkan guru demi kemajuan pendidikan Indonesia. Teknologi akan memberikan ruang gerak untuk para guru dapat benar-benar menjadi pendidik yang memfasilitasi pembelajaran,” jelas Amanda.

Baca juga :   Jepang Juara PES 2018 di Asian Games 2018

 

FAHRUL ANWAR