Kominfo Targetkan Unicorn Baru dari Gerakan Nasional 1.000 Startup

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan Program besutan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama KIBAR Indonesia sejak 2016 . (Foto: dok.Youngsters.id)

youngster.id - Saat ini, Indonesia memiliki empat unicorn yakni Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak serta Gojek yang sudah berstatus decacorn atau memiliki valuasi lebih dari US$ 10 miliar. Pemerintah terus mendorong agar jumlah ini terus bertambah.Salah satu langkah yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital yang digelar sejak 2016.

“Tidak hanya memfasilitasi, kami ingin akselerasi adanya unicorn melalui ekosistem. Semua startup yang sudah unicorn ikut. Bagaimana kami membuat unicorn berikutnya?” kata Rudiantra Menteri Kominfo dalam keterangannya Senin (19/8/2019) di Jakarta.

Menurut Rudiantara ada 800 perusahaan rintisan masuk tahapan inkubasi. Sedangkan 200 lainnya sudah mendapat pendanaan tahap awal (seed funding). Ia optimistis program ini dapat menciptakan lebih banyak startup bervaluasi lebih dari US$ 1 miliar atau unicorn lahir di Tanah Air.

Gerakan nasional 1.000 Startup Digital menggelar Ignite The Nation pada 18 Agustus di Istora Senayan Jakarta. Acara tersebut pun diminati banyak startup.

Ignite The Nation yang bertemakan “Sumber Daya Digital Millenial Unggul, 1000 Inovasi Digital-Indonesia Maju” merupakan gerakan yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan bertujuan untuk mendorong pertumbuhan startup di Indonesia. Gerakan ini berusaha membangkitkan jiwa patriotisme generasi milenial yang akrab dengan dunia digital agar bersemangat dalam mewujudkan mimpi besar yang dapat memberikan solusi dan inovasi bagi bangsa. Rangkaian kegiatan ini terdiri dari ignition, workshop, hacksprint, bootcamp, dan incubation.

Baca juga :   Startup Bisnis Primadona Anak Muda di Indonesia

Hadir dalam acara tersebut Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Erick Thohir, dan Wishnutama. Hadir pula para pelaku usaha startup yang telah sukses, seperti CEO Tokopedia William Tanujaya, CEO Bukalapak Achmad Zaky, dan CEO Traveloka Fery Unardi.

Wapres mengungkapkan rasa optimis bahwa Indonesia akan menjadi negara yang lebih baik dan maju dengan inovasi, serta upaya dari seluruh lapisan masyarakat. Untuk mewujudkannya, maka diperlukan sinergitas antara pemerintah dengan pengusaha dan pelaku usaha startup.
“Indonesia maju hanyalah apabila pemerintah, para pengusaha, para [pelaku usaha] startup menyalakan bangsa ini dengan harapan dan upaya yang baik ke depan,” ucap Kalla.

 

STEVY WIDIA