Kompetisi ASEAN Data Science Explorers 2018: Tantang Mahasiswa Suarakan Isu Kawasan

Kompetisi ASEAN Data Science Explorers kembali digelar untuk para mahasiswa. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - SAP & ASEAN Foundation Tantang Mahasiswa Se-ASEAN kembali menggelar kompetisi ASEAN Data Science Explorers 2018. Melalui program ini, mahasiswa se-ASEAN ditantang untuk memanfaatkan kekuatan data dan menyuarakan gagasan dalam menyelesaikan isu-isu di dalam kawasan ASEAN.

Program ini menargetkan mahasiswa di 10 negara angota ASEAN untuk memanfaatkan kekuatan data, mendapatkan wawasan dengan menggunakan SAP Analytics Cloud dan menyumbangkan gagasan kepada lembaga-lembaga ASEAN terkait.

President and Managing Director SAP Southeast Asia, Claus Andresen mengemukakan kerjasama tersebut dapat mendorong kaum muda agar semakin inovatif, serta menciptakan tenaga kerja di bidang teknologi dan informasi melalui pelatihan dan pengembangan keterampilan.

“Kami senang dengan kemitraan di tahun pertama, maka sekarang kami akan melanjutkan dengan kemitraan untuk kedua kalinya. Hal ini akan membawa dampak positif untuk kawasan Asean,” dalam keterangannya belum lama ini.

Pertama kali dilaksanakan pada tahun 2017, ASEAN Data Science Explorers (ADSE) adalah kompetisi data analytics yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap komunitas ASEAN di antara generasi muda melalui intervensi literasi digital.

Baca juga :   Pebisnis Kopi Indonesia Perlu Meningkatkan Nilai Tambah Kopi

Sementara itu Direktur Eksekutif Asean Foundation Elaine Tan yang menjelaskan kerja sama tersebut dapat menginspirasi kaum muda di Asean untuk berpartisipasi aktif mendorong masa depan yang anak muda Asean yang berkelanjutan.

“SAP telah menjadi mitra yang kuat dalam upaya yang konsisten. Kami senang dapat melanjutkan kerjasama ini untuk mempersiapkan angkatan kerja ASEAN untuk masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Program ini akan berlangsung mulai bulan Maret hingga bulan Oktober 2018, dimulai denganserangkaian sesi pemberdayaan yang diselenggarakan untuk mahasiswa dan dosen di universitas lokal di seluruh 10 negara anggota ASEAN.

Dengan menggunakan platform SAP Analytics Cloud, inisiatif tersebut akan membantu para peserta untuk menyampaikan wawasan berbasis data yang menyoroti isu-isu di ASEAN mengenai enam tujuan perkembangan berkelanjutan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), yakni kesehatan dan kesejahteraan yang baik, kualitas pendidikan, kesetaraan gender, industri, inovasi, dan infrastruktur, lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi yang baik, dan komunitas serta kota yang berkelanjutan.

Setelah itu, para siswa diundang untuk membentuk tim yang terdiri dari dua orang untuk mendaftarkan diri berkompetisi dan menyerahkan ide-ide mereka. Satu tim peserta dari masing-masing negara anggota akan memiliki kesempatan untuk dinobatkan sebagai finalis nasional lalu maju untuk berkompetisi dalam putaran final regional.

Baca juga :   Tim Mahasiswa UI Juara Asean Data Science Explorers Nasional

Pada final regional, 10 finalis nasional akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan gagasan mereka kepada dewan juri yang terdiri dari perwakilan terhormat dari ASEAN Foundation, SAP dan berbagai organisasi pemerintah atau LSM.

Babak final regional Data Science Explorers 2018 akan diadakan di Singapura, dengan Infocomm Media Development Authority (IMDA) Singapura sebagai host partner.



STEVY WIDIA