Kompetisi ASEAN Data Science Explorers 2018: Tantang Mahasiswa Suarakan Isu Kawasan

Kompetisi ASEAN Data Science Explorers kembali digelar untuk para mahasiswa. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - SAP & ASEAN Foundation Tantang Mahasiswa Se-ASEAN kembali menggelar kompetisi ASEAN Data Science Explorers 2018. Melalui program ini, mahasiswa se-ASEAN ditantang untuk memanfaatkan kekuatan data dan menyuarakan gagasan dalam menyelesaikan isu-isu di dalam kawasan ASEAN.

Program ini menargetkan mahasiswa di 10 negara angota ASEAN untuk memanfaatkan kekuatan data, mendapatkan wawasan dengan menggunakan SAP Analytics Cloud dan menyumbangkan gagasan kepada lembaga-lembaga ASEAN terkait.

President and Managing Director SAP Southeast Asia, Claus Andresen mengemukakan kerjasama tersebut dapat mendorong kaum muda agar semakin inovatif, serta menciptakan tenaga kerja di bidang teknologi dan informasi melalui pelatihan dan pengembangan keterampilan.

“Kami senang dengan kemitraan di tahun pertama, maka sekarang kami akan melanjutkan dengan kemitraan untuk kedua kalinya. Hal ini akan membawa dampak positif untuk kawasan Asean,” dalam keterangannya belum lama ini.

Pertama kali dilaksanakan pada tahun 2017, ASEAN Data Science Explorers (ADSE) adalah kompetisi data analytics yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap komunitas ASEAN di antara generasi muda melalui intervensi literasi digital.

Baca juga :   Tim Binus Juara Nasional ADSE 2018

Sementara itu Direktur Eksekutif Asean Foundation Elaine Tan yang menjelaskan kerja sama tersebut dapat menginspirasi kaum muda di Asean untuk berpartisipasi aktif mendorong masa depan yang anak muda Asean yang berkelanjutan.

“SAP telah menjadi mitra yang kuat dalam upaya yang konsisten. Kami senang dapat melanjutkan kerjasama ini untuk mempersiapkan angkatan kerja ASEAN untuk masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Program ini akan berlangsung mulai bulan Maret hingga bulan Oktober 2018, dimulai denganserangkaian sesi pemberdayaan yang diselenggarakan untuk mahasiswa dan dosen di universitas lokal di seluruh 10 negara anggota ASEAN.