Kontes Robot Indonesia Regional 3 di UGM

Kontes Robot Indonesia Regional 3 berlangsung 11-13 Mei 2017 di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada. (Foto: UGM/Youngsters.id)

youngster.id - Sebanyak 73 tim robot dari berbagai perguruan tinggi di wilayah DIY, Jateng, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan akan meramaikan Kontes Robot Indonesia Regional 3.

Kontes ini berlangsung 11-13 Mei 2017 di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada.

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Ahmad Agus Setiawan mengatakan kontes ini akan melombakan 4 divisi. Yakni Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) diikuti 17 tim, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki diikui 26 tim, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) tipe beroda diikuti 17 tim. Dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) diikuti 13 tim.

“Mereka yang lolos dan menjadi pemenang di masing-masing divisi akan mengikuti lomba KRI tingkat nasional yang akan berlangsung di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada Juli nanti,” kata dia.

Menurut Agus, KRI merupakan ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika. Kompetisi ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa.

Melalui ajang itu, para mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia nyata. “Selain itu, diharapkan bisa meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam pengembangan bidang robotika,” kata Ahmad.

Baca juga :   Penghargaan WOF Akan Diberikan Juga Kepada Para Wanita Muda Berbakat di Asia Tenggara

Ketua pelaksana persiapan KRI regional 3 Maun Budiyanto menambahkan masing-masing divisi memiliki tema. Untuk divisi KRAI bertema Lempar Cakram yang disesuaikan dengan tema kontes robot internasional ABU Robocon 2017 yaitu Landing Disc.

Sedangkan divisi KRPAI bertema robot cerdas pemadam api sesuai dengan tema trinity collage international robot contest. Divisi KRSBI bertema sepak bola robot menuju liga sepak bola robot tahun 2050 dan divisi KRSTI membawa tema robot penari Gending Sriwijaya.

Maun menambahkan lomba KRI regional 3 melibatkan 10 dewan juri utama nasional. Sementara lomba di awal hanya akan diisi kegiatan “running test” masing-masing peserta karena robot-robot yang akan dilombakan full sensor dan butuh adaptasi.

Pemenang dari Kontes Robot Indonesia Regional 3 ini nantinya akan kontes robot nasional 2017 pada 6-9 Juni 2017 di Bandung. Selanjutnya pemenang kontes robot nasional 2017 akan menjadi duta bangsa untuk mewakili Indonesia dalam Kontes Robot ABU Robocon 2017 pada tanggal 26-28 Agustus di Jepang.

Puncak kontes robot regional 3 akan berlangsung pada Sabtu, 13 Mei 2017 dibuka untuk umum. Masyarakat diharapkan dapat ikut menikmati hasi karya anak bangsa yang beraksi di ajang ini. Untuk tiket bisa dipesan via online atau langsung ke GSP UGM dengan harga Rp25 ribu per orang.

Baca juga :   Tim Roobics Tel-U Juara 3 Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016

STEVY WIDIA