Kopi Kenangan Bangun Aplikasi dan Ekspansi

Chief Operating Officer Kopi Kenangan James Prananto. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Inovasi kembali dilakukan Kopi Kenangan dengan meluncurkan aplikasi mobile beserta program loyalitas pelanggan. Tak hanya itu, gerai kopi lokal ini akan melakukan ekspansi ke sejumlah kota besar di Indonesia.

James Prananto, Founder & Chief Operations Officer Kopi Kenangan mengungkapkan, t strategi perusahaan meluncurkan aplikasi mobile dalah untuk menggarap segmen O2O, dan dengan melucurkan program loyalty.

“Aplikasi itu baru bisa berjalan kalau jumlah toko kita sudah banyak. Jadi nanti pelanggan tinggal pilih menu dan bayar di aplikasi, lalu untuk pengambilan pesanannya tinggal scan QR code di gerai terdekat,” ungkap James saat ditemui belum lama ini di Jakarta.

Menurut dia saat ini Kopi Kenangan mendapat pembelian rata-rata 750.000 gelasper bulan, dan diharapkan dapat tumbuh mencapai 3 juta gelasper bulan hingga akhir tahun nanti.

Dia menambahkan, peluncuran aplikasi bertujuan mengurangi potensi pesanan yang hilang akibat antrean yang kerap terjadi selama ini. Dengan aplikasi yang akan tersedia bagi Android dan iOs tersebut, pelanggan dapat melakukan pesanan melalui aplikasi, dan mengambil kopinya di gerai Kopi Kenangan terdekat.

Baca juga :   Maxx Corner Penetrasi Pasar Anak Muda Dengan Kopi Lokal

Selain itu, ujarnya, aplikasi tersebut juga akan digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan. Dengan data tersebut, pihaknya akan lebih mudah menyeleksi menu favorit pelanggan sehingga promosi yang dilancarkan akan lebih personal dan tepat sasaran.

Pihaknya juga akan meluncurkan program loyalitasbernama kopi points. Dengan mengumpulkan poin tersebut, nantinya pelanggan berpeluang untuk mendapatkan kopi gratis ketika jumlah poinnya mencapai jumlah yang disyaratkan.

Saat ini Kopi Kenangan memiliki 45 kedai kopi di area jabodetabek dan terus gencar membangun 130 toko tahun ini. Ekspansi ke luar jabodetabek juga terus dilakukan seperti Bandung, Malang, Palembang, Medan, Surabaya, dan Makassar.

“Ke depannya, kita akan ke luar Indonesia seperti Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Mau memperkenalkan kopi gula aren adalah kopi bercita rasa Indonesia,” pungkasnya.

STEVY WIDIA