Kopi Kenangan Peroleh Pendanaan Awal dari Alpha JWC

Edward Tirtanata dan James Prananto, founders Kopi Kenangan. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Bisnis kedai kopi bernama Kopi Kenangan meraih pendanaan tahap awal (seed funding) sebesar US$8 juta atau sekitar Rp 120 Miliar dari perusahan modal ventura Alpha JWC Ventures. Dengan ini para founder usaha ini berencana melakukan ekspansi dengan mengoperasikan paling tidak 30 kedai kopi pada akhir 2018.

Kopi Kenangan merupakan bisnis kedai kopi yang didirikan Edward Tirtanata dan James Prananto pada 2017. Dalam setahun, bisnis tersebut telah membuka sebanyak 16 lokasi kedai kopi yang tersebar di Jabodetabek dengan menjual hingga 175.000 cangkir kopi per bulan.
Co-Founder sekaligus CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengungkapkan, dalam menjalankan bisnis dirinya selalu menekankan kualitas dan cita rasa produk yang tersedia.

“Sebagian besar bisnis kedai kopi yang ada di Indonesia merupakan produk asing dengan harga yang cukup mahal. Kami melihat peluang untuk menyediakan kopi yang terjangkau, tapiberkualitas baik. Kami juga ingin menunjukkan bahwa pemain Usaha Kecil dan Menengah (UKM) lokal seperti kami dapat bersaing dengan pemain internasional,” ungkap Edward dalam keterangannya, Minggu (21/10/2018) di Jakarta.

Baca juga :   Inilah Peraih Danamon Social Entrepreneur Awards 2016

Menurut Edward, Kopi Kenangan bukan hanya sebagai bisnis kedai kopi kecil, melainkan sesuatu yang dapat berkembang besar dengan konsep ‘Ritel Baru’ melalui pengembangan teknologi. Oleh sebab itu, dirinya memutuskan bermitra dengan Alpha JWC Ventures yang memiliki rekam jejak dan keahlian meningkatkan skala bisnis rintisan menggunakan teknologi.

“Sebagai pendiri, kami merasa tim Alpha JWC memiliki visi yang sama dengan kami, yang kemudian membuat kami yakin untuk bekerja sama,” terang Edward.

Sementara itu, Co-Founder sekaligus Managing Partner Alpha JWC Ventures Jefrey Joe menegaskan, pihaknya yakin teknologi dapat membantu bisnis yang berkaitan dengan pelanggan untuk berkembang lebih cepat. Kopi Kenangan dinilai sebagai salah satu contoh nyata bagaimana teknologi membantu bisnis kedai kopi untuk berkembang pesat dengan menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.

“Kami sangat bersemangat untuk dapat visi tim Kopi Kenangan. Seiring dengan pertumbuhan dana kelolaan kami, visi kami juga semakin besar, dan itu dimulai dengan Kopi Kenangan,” paparnya.

Suntikan pendanaan tersebut direncanakan digunakan untuk membuka gerai baru, riset dan pengembangan, serta penyempurnaan aplikasi mobile Kopi Kenangan. Rencananya, kedai kopi itu akan segera meluncurkan aplikasi mobile yang mengusung konsep ‘New Retail’ dengan beragam fitur di dalamnya, seperti pencari gerai, fitur pre-order, platform pembayaran, dan lain-lain.

Baca juga :   UangTeman Raih Pendanaan Seri A dari K2 Venture Capital

 

STEVY WIDIA