Kreator YouTube Bisa Dapat Uang di Luar Iklan

Han Yoora, Youtuber. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

youngster.id - YouTube mengalami pertumbuhan signifikan pada tahun 2018 lalu. Untuk itu platform media sosial berbasis video ini akan mendukung para kreator dan artis untuk meningkatkan monetisasi, termasuk bisa menghaislkan uang di luar iklan.

Keberhasilan Youtube dapat diukur dari meningkatkan kanal yang memiliki satu juta subscriber hampir dua kali lipat, dan jumlah kreator dengan penghasilan lima hingga enam digit tumbuh lebih dari 40%.

CEO, Susan Wojcicki, YouTube dalam keterangannya, Jumat (8/2/2019) menyebut ada tiga prioritas yang ingin dicapai perusahaan di tahun ini.

Pertama Youtube akan mendukung suksesnya para kreator dan artis. Langkah ini ditempuh YouTube dengan cara meningkatkan keakuratan ikon monetisasi sebesar 40%. Selain itu, YouTube menyebutkan bahwa pihaknya sedang membangun cara-cara baru agar para kreator bisa menghasilkan uang di luar iklan.

“Kami juga terus membuat keanggotaan channel menjadi lebih mudah, dengan menurunkan batasan subscriber dari 100.000 menjadi 30.000,” ungkpanya.

Kedua, Youtube akan meningkatkan komunikasi dan keterlibatan. Di tahun 2018, Youtube menyebut telah melakukan beberapa hal agar dapat berkomunikasi dengan semua kreator. Salah satu implementasinya adalah memperkenalkan YouTube Studio yang akan tersedia bagi semua kreator mulai tahun ini.

Baca juga :   XTREAM, Ponsel Pintar 4G Dengan Akses YouTube Unlimited Selama Setahun

Tak hanya itu, YouTube juga membuat fitur Stories untuk semua kreator yang memenuhi syarat lebih dari 10.000 subscriber dan membuka Community posts untuk semua kanal yang memiliki lebih dari 1.000 subscriber.

Strategi ketiga, Youtube akan memenuhi tanggung jawab untuk menyingkirkan konten-konten yang melanggar panduan komunitas YouTube.
YouTube menerangkan telah meng-update panduan untuk para kreator mengenai kebijakan terhadap thumbnail buatan sendiri, tautan eksternal, serta video pranks dan tantangan (challenge).

“Sebagai tambahan, channel Creator Insider kami telah mencakup mengenai bagaimana kami menangani kata-kata tidak senonoh. Akan lebih banyak lagi pembaruan mengenai hal ini di bulan-bulan ke depan,” pungkas Susan.

STEVY WIDIA