Lazada Bawa Mitra UKM Indonesia Ke Mancanegara

Lazada Indonesia. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

youngster.id - Lazada Indonesia memboyong mitra UKM lokal untuk meraih pasar yang lebih luas. Mereka dibawa ke enam negara operasional Lazada yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Guna mencapi hal ini, Chief Marketing Office Lazada Indonesia Achmad Alkatiri menuturkan pihaknya sudah aktif diskusi dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk mempersiapkan UKM lokal Indonesia agar bisa berjualan negara Lazada.

“Mudah-mudahan pada akhir tahun ini sudah bisa mengoptimalka secara operasi. Sebab ini tidak mudah. Tidak hanya dari sisi Lazada tapi juga UKMnya juga. Ini sangat komplek, tapi akan kita upayakan,” ungkap Achmad baru-baru ini

Dia menyebut prospek produk UKM lokal yang bisa go global adalah kopi, kerajinan, dan fesyen. Meski demikian masih ada beberapa kendala.

Mitra UKM Lazada Indonesia juga harus meningkatkan skala produksi barang. Belum lagi dari segi modal dan kapasitas produksi. Achmad menyatakan pihaknya terus mendorong kerja sama dengan bank-bank terkait KUR untuk modal bagi mitra UKM.

Baca juga :   Promosi UKM Hasilkan Devisa

“Kalau dari segi operasional Lazada sudah siap 70% karena sudah punya warehouse di setiap negara,” ujarnya.

Bila berhasil, Achmad bilang nanti Lazada akan menggunakan sistem pengiriman menggunakan Fulfillment by Lazada untuk mengirimkan produk secara masif ke gudang masing-masing negara.

 

FAHRUL ANWAR