Lazada Dukung Perpres Road Map E-commerce

Lazada Indonesia. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Peraturan Presiden No.74 Tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Road Map E-commerce) Tahun 2017-2019 telah diterbitkan 3 Agustus 2017. Sejumlah pelaku e-commerce mendukung road map itu, termasuk Lazada.

Haikal Bekti Anggoro, Head of Online Marketing Lazada Indonesia mengatakan, pihaknya menyambut baik hal ini karena itu artinya bisnis e-commerce mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Apalagi belakangan industry ini tumbuh pesat di Tanah Air.

“Jadi semuanya sejalan dan kami menyambut baik untuk kerja bersama, membantu pemerintah,” katanya Senin (21/8/2017) di Jakarta.
Selain itu, menurutnya regulasi ini akan mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia untuk berkembang.

Terdapat 26 program yang terlampir dalam Peta Jalan SPNBE 2017-2019 yang meliputi beberapa bidang yaitu Pendanaan, Perpajakan, Perlindungan Konsumen, Pendidikan & SDM, Infrastruktur Komunikasi, Logistik, Keamanan Siber, dan Pembentukan Manajemen Pelaksana Peta Jalan SPNBE 2017-2019.

Sebelum keluarnya regulasi ini, Lazada Indonesia juga telah menerapkan beberapa program yang sejalan seperti dalam pendidikan & SDM, logistik, dan perpajakan. Lazada Indonesia secara rutin melakukan pertemuan dan pelatihan bagi para penjual utnuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi dari sisi bisnis.

Dari sistem logistik terdapat Lazada Express, untuk menjamin pengiriman barang sampai dalam periode tertentu selain bekerja sama dengan perusahaan logistik lokal lainnya di Indonesia.

“Ketika perusahaan yang sudah ada ini mulai kewalahan kami membantu lewat Lazada Express,” ujar Haikal.

Haikal menambahkan Lazada juga telah memiliki gudang di tiga lokasi yakni Jakarta, Medan, dan Surabaya. Selain itu, terdapat sekitar 30 store station center yaitu tempat mengumpulkan dan langsung menyebarkan barang, di bawah Lazada Express.

“Lazada dengan senang hati membantu, support, sharing apa yang bisa Lazada lakukan untuk membuka jalan lagi. Lagipula ini manfaatnya buat UKM Indonesia bisa jualan lebih dari kotanya masing- masing,” katanya.

Lazada Indonesia mengatakan pihaknya siapuntuk bekerja sama dan memajukan UKM atau penjual dan membuka lapangan kerja serta dari sisi pelanggan bisa mendapatkan barang tanpa terpatas lingkungan geografis.

FAHRUL ANWAR