Lazada Jalin Kerja Sama dengan 1.000 UMKM di Medan

Co-CEO Lazada, Florian Holm. (Foto: dok.Youngsters.id)

youngster.id - Seiring dengan peningkatan pertumbuhan pengusaha lokal di Sumatera Utara, khususnya Medan, e-commerce Lazada juga mengalami kenaikan signifikan dari tahun ke tahun. Untuk itu, Lazada pun menjalin kerja sama dengan 1.000 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berasal dari Medan dan daerah sekitar.

“Pada tahun 2015 lalu, kami telah meresmikan gudang Lazada di Medan untuk memfasilitasi kebutuhan para seller setia kami dalam memenuhi kebutuhan konsumennya di seluruh Sumatera Utara yang terus meningkat,” kata Sebastian Sieber Chief Marketing Officer Lazada Indonesia dalam siaran pers, Jumat (17/2/2017).

Menurut Sebastian, hal ini merupakan bentuk dukungan Lazada pada para pelaku UMKM di wilayah Sumatera Utara. Hal itu mengingat terdapat kenaikan jumlah pesanan mencapai 4,5 kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, untuk bulan Oktober 2016 di Medan saja. Selain itu, tercatat kenaikan sebanyak 19 kali dalam penggunaan bayar di tempat (cash on delivery/COD) sebagai pilihan metode pembayaran konsumen.

“Kami menyediakan berbagai bentuk dukungan dan alat bantu bagi para seller untuk mengembangkan bisnis dan memanfaatkan potensi pasar yang ada, antara lain melalui pelatihan on-boarding sejak mereka mulai bergabung, pendampingan melalui seller center, dan pilihan untuk mengelola inventori mereka,” ucap Sebastian.

Tak hanya itu, Lazada juga memberikan akses kepada para penjual yang membutuhkan tambahan dana pengembangan bisnis untuk mencari bantuan, antara lain dengan KoinWorks. Menurut Benedicto Haryono, Co-Founder & CEO KoinWorks sampai dengan saat ini KoinWorks telah membiayai lebih dari 100 penjual Lazada dengan total nilai sebesar Rp15 miliar.

“Adanya kerja sama dengan Lazada membuat peluang kami untuk mewujudkan misi sosial dalam memberdayakan pelaku UMKM agar terus mampu mengembangkan usahanya menjadi lebih besar. Karena kerja sama tersebut juga, kami mampu merangkul lebih banyak UMKM dan mendukung pendanaan bisnis mereka sehingga menjadi lebih berkembang,” kata.

STEVY WIDIA