LINE Creativate 2017 Ajang Unjuk Kreatifitas Lokal

(tengah) Ongki Kurniawan Managing Director LINE Indonesia dan Ricky Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif meluncurkan LINE Creativate 2017. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - LINE Indonesia menggelar LINE Creativate 2017. Di kali yang ketiga ajang kompetisi digital kreatif ini mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi. Mulai dari creator stiker, webtoon, hingga developer chatbot bahkan orang awam bisa ikut terlibat menghadirkan kreasi konten lokal Indonesia.

“LINE Creativate merupakan pesta kreatif milik rakyat dan kreator lokal Indonesia. Lewat pesta kreatif yang demokratis ini, kami berkomitmen untuk terus mendukung talenta lokal, melakukan ekspansi, inovasi, dan memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya di Indonesia. Kami juga akan terus memperkuat ekosistem digital kreatif Indonesia dengan terus menggali potensi kreator lokal,” ucap Ongki Kurniawan Managing Director LINE Indonesia pada peluncuran LINE Creativate 2017, Rabu (2/8/2017) di Paviliun Indonesia, Senayan City, Jakarta.

Ajang kompetisi ini telah digelar sejak tahun 2015. Dan Ongky mengklaim bahwa ajang ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Karena saat ini LINE telah mewadahi hampir lebih dari 2 juta pelaku kreatif yang telah berkarya melalui ragam kreatif platform di LINE. Angka ini meningkat 58% sejak dilaksanakannya LINE Creativate 2016.

“Untuk itu, kami ingin terus memberikan kesempatan dan apresiasi bagi para kreator lokal lewat LINE Creativate 2017 dan membuka peluang bagi para kreator lokal Indonesia untuk membawa karyanya ke tingkat selanjutnya,” ucap Ongki lagi.

Pada kegiatan yang berlangsung dari 2 Agustus – 8 Oktober 2017, kompetisi digelar untuk LINE Webtoon (komik digital) dan LINE Sticker (Ilustrasi). Selain itu untuk pertama kalinya akan digelar kompetisi LINE Chatbot dan kompetisi #unjukkreasilokalmu.

Untuk kegiatan ini LINE Indonesia kembali bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). “Kami ingin terus menggali potensi industri kreatif digital, dengan membangkitkan semangat yang berlandaskan keberagaman budaya Indonesia melalui LINE Creativate. Kami berharap para pemuda Indonesia dapat menyalurkan potensi dengan berkreasi dan jadi bagian revolusi para pelaku kreatif Indonesia,” tutur Ricky Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Dia menilai, selama tiga tahun, LINE Creativate telah berhasil mewadahi para pelaku kreator untuk berkontribusi mengembangkan potensi diri lewat konten-konten yang memiliki relevansi lokal. LINE telah menjadi platform kreatif yang sangat penting dalam pembangunan ekosistem ekonomi kreatif Indonesia.

Tahun ini, LINE bersama BEKRAF juga juga akan melakukan rangkaian roadshow ke tujuh kota di Indonesia (Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, Medan, Banjarmasin, dan Denpasar) yang akan dimulai pada 19 Agustus mendatang. Kegiatan ini sekaligus untuk mencari kreator lokal di seluruh Indonesia serta mengembangkan konten-konten yang relevan secara lokal dan berguna dalam ekosistem ekonomi kreatif.

“Kami berharap LINE Creativate 2017 akan menginspirasi publik melalui hasil karya budaya dan kearifan lokal Indonesia, lewat rangkaian kompetisi dan seminar inspiratif, yang akan membuka peluang bagi para insan kreatif Indonesia,” ucap Ricky.

 

STEVY WIDIA