Line Creativate 2017: Indonesia Unjuk Kreatif

Para pemenang LINE Creative 2017 bersama Kepala Bekraf Triawan Munaf. (Foto: Stevy Widia/Youngster.id)

YOUNGSTER.id - LINE Creativate 2017 berhasil menjaring lebih dari 17,000 karya dari insan kreatif yang tersebar di seluruh Indonesia untuk berkompetisi dalam LINE Webtoon, LINE Stiker, LINE Chatbot dan #UnjukKreasiLokalmu. Para pemenang pun telah dipilih dan diganjar hadiah total Rp 350 juta.

Setelah peluncuran rangkaian kompetisi pada Agustus lalu, LINE Indonesia kembali menggelar pameran LINE Creative 2017 pada 27-29 Oktober 2017 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta. Mengusung tema Indonesia Unjuk Kreatif, ajang ini mendapat dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Triawan Munaf, Kepala Bekraf mengatakan, kegiatan LINE Creativate 2017 ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah untuk membangun perekonomian Indonesia pada bidang desain grafis, animasi, teknologi, dan apps development.

“Melalui ajang-ajang seperti LINE Creativate, kami berharap para talenta-talenta lokal yang tersebar di seluruh Indonesia dapat terinspirasi untuk mengembangkan dan memonetasi karya mereka sekaligus ikut bernovasi, berekspansi dan berkontribusi dalam mengembangkan potensi diri serta menjadi bagian dari revolusi generasi kreatif di Indonesia,” kata Triawan pada acara puncak LINE Creativate 2017, Jumat (27/10/2017) di Mall Kota Kasablanka, Jakarta.

Triawan juga sangat mengapresiasi LINE yang telah berhasil mewadahi hampir 2 juta pelaku kreatif di Indonesia. Dia berharap agar ajang ini dapat terus berupaya untuk mendorong partisipasi para talenta lokal agar dapat memamerkan dan mengkontribusikan karyanya guna mendukung industri ekonomi kreatif di Indonesia.

Untuk itu Bekraf akan memberikan travel grant kepada para pemenang kompetisi LINE Sticker, LINE WEBTOON, dan LINE Chatbot untuk menghadiri kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi kreatif di Jepang pada tahun 2018. Hal ini bertujuan untuk mendukung dan memfasilitasi para talenta-talenta berbakat di Indonesia untuk terus berkembang sekaligus membawa karya mereka ke tingkat Internasional.

Sementara itu Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia mengatakan, acara ini merupakan pesta kreatif milik rakyat dan kreator lokal Indonesia.

“Ekonomi kreatif digital merupakan masa depan Indonesia, untuk itu, LINE akan terus mendukung serta mengambil peran dalam mengembangkan dan menyediakan platform kreatif untuk para kreator lokal guna membawa karya-karya mereka ke tingkat selanjutnya melalui LINE Creativate,” kata Kim.

Menurut dia, industri kreatif merupakan salah satu pilar yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia dimana industri ini dapat menciptakan sumber daya manusia yang kompeten serta lapangan pekerjaan yang baru. saat ini LINE telah berhasil mewadahi hampir 2 juta pelaku kreatif di Indonesia dan terus berupaya untuk mendorong partisipasi para talenta lokal agar dapat memamerkan dan mengkontribusikan karyanya guna mendukung industri ekonomi kreatif di Indonesia.

Kami berharap lewat acara LINE Creativate 2017 ini, semakin banyak lagi talenta lokal yang berpartisipasi dan berkreasi dalam pembangunan Indonesia terutama di bidang industri kreatif. Selain itu talenta lokal Indonesia juga dapat memonetasi karya-karya positif yang mereka hasilkan agar dapat berkontribusi untuk Indonesia,” pungaks Kim.

Berikut daftar pemenang dari masing-masing kompetisi :
A. Kompetisi #UnjukKreasiLokalmu
Juara 1 : Achmad Ja’far Al Fakhry (Jakarta)
Juara 2 : Nabila Billeni Faron (Bandung)
Juara 3 : Jumadi Apriansyah (Pontianak)
B. Kompetisi Webtoon
Juara 1 : Titik Balik karya Putu Dedi Kurnia (Bali)
Juara 2 : Kupu Kupu karya CoffePaste (Jakarta)
Juara 3 : Sebelum Mentari Senja karya Ramadhan Wisnu (Yogyakarta)
C. Kompetisi LINE Stiker
Juara 1 : Boteng karya Septia Indah Rosiana (Tangerang)
Juara 2 : The Power of Emak Emak karya Melani Sie (Surabaya)
Juara 3 : Couple Chibi karya Ryan Damario (Tangerang)
D. Kompetisi Chatbot – Utilitas
Juara 1 : Islamfy karya Fata El (Bandung)
Juara 2 : Syurprise karya Thomas Wiradikusuma (Jakarta)
Juara 3 : Xploria karya CoklatSoft (Bali)
E. Kompetisi Chatbot – Game
Juara 1: TTS karya Creacle (Yogyakarta)
Juara 2 : Dumpakdingding karya Gantari (Malang)
Juara 3 : Kedai Nusantara karya Michelle Neysa (Jakarta)

 

STEVY WIDIA