LINE Creativate 2018 Wadah Apresiasi Karya Kreator Indonesia

Tim LINE Indonesia menggelar LINE Creativate 2018. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - LINE Indonesia kembali menggelar LINE Creativate keempat dengan tema ‘Bangga Indonesia’. Didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia, ajang ini diharapkan menjadi wadah kreatif bagi generasi muda Indonesia dalam membawa kreasi mereka ke tingkat lebih lanjut.

Ada sejumlah kompetisi baru dalam LINE Creativate 2018. Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia mengatakan, ajang ini bertujuan untuk meningkatkan relevansi LINE dengan masyarakat Indonesia lebih luas.

“Tema tahun ini adalah kelanjutan dari tema-tema sebelumnya. Melalui ‘Bangga Indonesia’, kami berharap bahwa kami bisa memacu bukan saja para pencipta, tapi juga semua generasi muda Indonesia untuk merayakan dan mengapresiasi karya cipta dan pencapaian bakat-bakat Indonesia. Maka itu, kami akan menghadirkan konten yang lebih segar dan beraneka ragam, agar bergema ke lebih banyak orang,” kata Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia pada Senin (27/8/2018) di Jakarta.

Dia menegaskan, event ini hanya diselenggarakan di Indonesia. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan jumlah pengguna dan menjadikan Line sebagai platform yang mendukung industri kreatif di Indonesia.

Pada LINE Creativate 2018 kembali hadir kompetisi LINE Sticker, LINE Webtoon, dan Chat Bot. Kemudian ada dua kompetisi baru yaitu LINE Shopping Business Competition dan LINE Today Video Creation. Selain itu, platform media sosial ini juga untuk pertama kali menggelar LINE Let’s Get Rich World Championship untuk para gamer.

Baca juga :   DeepBrain Chain, Kecerdasan Artificial Berbasis Blockchain

“Dengan memperluas kategori kompetisi, kami berharap bahwa LINE CREATIVATE dapat menjaga posisinya sebagai kompetisi digital dan kreatif terbesar di Indonesia, selain sebagai wadah kreatif terpercaya bagi semua orang kreatif,” lanjut Dale Kim.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Bekraf Indonesia. “LINE selalu menjadi wadah kreatif penting yang membantu mengembangkan ekosistem kreatif Indonesia. LINE Creativate juga sudah terbukti sebagai wadah yang sukses untuk mencari dan memupuk bakat-bakat lokal. Dengan adanya kategori kompetisi baru, kami berharap bahwa lebih banyak bakat-bakat lokal bisa turut berpartisipasi di ajang ini,” kata Ari Juliano Gema, Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi Badan Ekonomi Kreatif pada kesempatan yang sama.

Menurut dia, Bekraf sedang mendorong pemahaman akan pentingnya Hak Kekayaan Intelektual di antara para pencipta Indonesia. “LINE CREATIVATE merupakan platform yang tepat untuk memberikan pendidikan bagaimana Hak Kekayan Intelektual bisa menguntungkan dan membantu para pencipta dalam mengembangkan dan memperluas kreasi mereka,” kata Ari lagi.

Periode pengumpulan karya kompetisi LINE CREATIVATE 2018 sebagian besar akan dimulai dari akhir Agustus sampai dengan akhir Oktober. Namun, untuk kompetisi Webtoon, akan dimulai pada tanggal 1 September. Untuk kompetisi Chat Bot, tenggat waktu pengumpulan akan lebih awal, yaitu 7 Oktober. LINE Let’s Get Rich World Championship memiliki tenggat yang berbeda, yaitu mulai dari 1 September – 18 November 2018. Informasi lebih lanjut mengenai kompetisi dan mekasnismenya dapat ditemukan di linecreativate.com dan LINE CREATIVATE Official Account.

Baca juga :   XL Perkuat Bisnis Layanan Data di 2017

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kompetisi-kompetisi ini akan berpuncak pada perayaan LINE Creativate pada 16-18 November 2018. Kemudian ada dua kompetisi baru yaitu LINE Shopping Business Competition dan LINE Today Video Creation. Selain itu, platform media sosial ini juga untuk pertama kali menggelar LINE Let’s Get Rich World Championship untuk para gamer.

“Dengan memperluas kategori kompetisi, kami berharap bahwa LINE CREATIVATE dapat menjaga posisinya sebagai kompetisi digital dan kreatif terbesar di Indonesia, selain sebagai wadah kreatif terpercaya bagi semua orang kreatif,” lanjut Dale Kim.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Bekraf Indonesia. “LINE selalu menjadi wadah kreatif penting yang membantu mengembangkan ekosistem kreatif Indonesia. LINE Creativate juga sudah terbukti sebagai wadah yang sukses untuk mencari dan memupuk bakat-bakat lokal. Dengan adanya kategori kompetisi baru, kami berharap bahwa lebih banyak bakat-bakat lokal bisa turut berpartisipasi di ajang ini,” kata Ari Juliano Gema, Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi Badan Ekonomi Kreatif pada kesempatan yang sama.

Baca juga :   Dev Week 2018 Line, Satukan Developer Sedunia

Menurut dia, Bekraf sedang mendorong pemahaman akan pentingnya Hak Kekayaan Intelektual di antara para pencipta Indonesia. “LINE CREATIVATE merupakan platform yang tepat untuk memberikan pendidikan bagaimana Hak Kekayan Intelektual bisa menguntungkan dan membantu para pencipta dalam mengembangkan dan memperluas kreasi mereka,” kata Ari lagi.

Periode pengumpulan karya kompetisi LINE CREATIVATE 2018 sebagian besar akan dimulai dari akhir Agustus sampai dengan akhir Oktober. Namun, untuk kompetisi Webtoon, akan dimulai pada tanggal 1 September. Untuk kompetisi Chat Bot, tenggat waktu pengumpulan akan lebih awal, yaitu 7 Oktober. LINE Let’s Get Rich World Championship memiliki tenggat yang berbeda, yaitu mulai dari 1 September – 18 November 2018. Informasi lebih lanjut mengenai kompetisi dan mekasnismenya dapat ditemukan di linecreativate.com dan LINE Creativate Official Account.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kompetisi-kompetisi ini akan berpuncak pada perayaan LINE Creativate pada 16-18 November 2018.

 

STEVY WIDIA