LINE Indonesia Tunjukkan Ragam Kreasi Kreator Lokal dari Berbagai Bidang

Menkominfo Rudiantara dan Managing Director LINE Indonesia Dale Kim berfoto bersama para pemenang LINE Creativate 2018. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Untuk mewujudkan dukungan terhadap kreativitas anak muda di Indonesia, LINE konsisten menggelar kompetisi LINE Creativate 2018. Tahun ini dengan tema Bangga Indonesia LINE berhasil mengumpulkan ribuan karya kreator lokal dari seluruh Indonesia di bidang kreasi stiker, kreasi webtoon, kewirausahaan, kreasi video konten, serta pengembangan chat bot.

Acara puncak dan pengumuman pemenang LINE Creativate 2018 digelar 16-18 November 2018 di Senayan City. Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia mengatakan, LINE Creativate 2018 yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia merupakan wadah kreatif bagi generasi muda Indonesia untuk mengembangkan bakat serta mendukung industri kreatif di Indonesia.

“LINE Indonesia kembali menggelar ajang LINE Creativate 2018 dengan mengusung tema ‘Bangga Indonesia’ demi mengajak masyarakat luas dari berbagai lapisan untuk meningkatkan kebanggaan mereka terhadap Indonesia karya-karya kreatif terbaiknya,” ucap Kim kepada media, Jumat (16/11/2018) di Senayan City Jakarta.

Menurut dia ada ribuan karya dari para kreator lokal di kategori LINE Sticker, LINE Webtoon, Chatbot, LINE Shopping Business Competition, dan LINE Today Video Creation telah terkumpul selama dua bulan terakhir ini.

Baca juga :   Setelah Unicorn, Kini Startup Ditantang Jadi Decacorn

“Kami menerima ribuan karya kreatif dari berbagai kategori yang menunjukkan bahwa antusiasme masyarakat terhadap industri kreatif sangatlah tinggi. Hal ini semakin mempertegas komitmen kami untuk ikut mendukung industri kreatif di Indonesia dan akan terus berupaya untuk memberikan layanan yang lebih kaya serta beragam dalam mendekatkan jarak antara manusia dengan berbagai layanan serta informasi,” tegas Kim.

Hasil dari kompetisi ini melalui proses penjurian yang dilakukan oleh LINE Indonesia dan perwakilan Bekraf. Setelah melalui proses penyaringan yang ketat, panitia telah memilih para pemenang terbaik. Karya-karya para pemenang tersebut dipamerkan di acara puncak LINE Creativate 2018 di Lantai 1 Senayan City.

Apresiasi atas ajang ini diberikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara. Menurut dia ajang seperti LINE Creativate 2018 merupakan upaya untuk meningkatkan ekonomi digital kreatif di Indonesia,

“Kreativitas adalah salah satu tonggak utama dalam membangun ekonomi digital kreatif Indonesia yang lebih maju lagi di masa depan. Saya berharap LINE akan terus meningkatkan dukungan terhadap perkembangan ekonomi kreatif dengan memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk berkarya lebih luas di bidang ini melalui ajang LINE Creativate,” kata Rudiantara pada kesempatan yang sama.

Baca juga :   Tips Keamanan Berbelanja Perangkat IoT

Berikut Daftar Pemenang LINE Creativate 2018 :

1. Kompetisi Komik LINE Webtoon

Juara 1: OVERPOWER by laurendaclarissa
Juara 2: Taman Langit by blackcatshooter
Juara 3: Aku dan Dunia by Alis

2. Kompetisi LINE Stickers

Juara 1: Ferlina Gunawan, Hantu Bawang Putih
Juara 2: Muhammad Ridlo, Hi Hope
Juara 3: Feisal Farhanudin, Siti Si Cewek Lebay

3. LINE Chatbot Competition

Pemenang Utama & Grand Prize LINE Boot Award 2018:
Ica Ica, chatbot kategori FUN/HIBURAN

Kategori Hiburan:

Juara 1: Ica Ica (@icaica_bot)
Juara 2: Weesata (@kdn3851k)
Juara 3: Bung Kata (@bungkata)

Kategori Wawasan:

Juara 1: Gifood (@ste6242k)
Juara 2: Musleem (@ybq5637l)
Juara 3: Si Beni (@ocm7943y)

Kategori Produktivitas:

Juara 1: Sevy (@sevybot)
Juara 2: Temuan (@temuan)
Juara 3: Katsir (@gts7264i)

Kategori Pelajar:

Juara 1: Tel-U Bot (@qfk6231q)
Juara 2: Dikampus (@dikampus.id)
Juara 3: Kompa Ball (@hpr7454e)

Dari kategori prototipe:

Juara 1: Digimu
Juara 2: Tix Bot
Juara 3: Si Bayu

4. Kompetisi Rencana Bisnis LINE Shopping

Baca juga :   Startup Logistik Punya Peluang Pasar US$230 Miliar di Indonesia

Juara 1: Destasya Caltrylla Permana – Caltrylla Lipstick
Juara 2: Iqbal Soelaksono – Sate Soki
Juara 3: Salma Intifada – Mbakpia and Friends

5. Kreasi Konten LINE Today

Juara 1: NoonaKu Signature – Negara Sejuta Makna
Juara 2: Sure Pictures – Indonesia Kita
Juara 3: Ruas Pictures – SAPA
Juara Favorit: Ruas Pictures – SAPA

STEVY WIDIA