Loket Gandeng Bhinneka Untuk Revolusi Industri Hiburan Indonesia

Teknologi scan QR Code di stand LOKET di Jakarta Fair 2018. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perusahaan Ticket Management Service LOKET, mengumumkan secara resmi kerja sama dengan Bhinneka. Kerja sama yang dilakukan ini menggandeng Bhinneka Bisnis, lini business-to-business (B2B) dari Bhinneka sebagai bagian dari Loket Distribution Program (LDP).

Berdasarkan laporan dari konsultan global PwC, industri hiburan masih akan punya banyak ruang untuk tumbuh pesat di Asia Tenggara, yaitu dengan proyeksi rata-rata pertumbuhan tahunan (compound annual growth rate/CAGR) sebesar 7,2% dari US$45.6 miliar di 2017 hingga US$64.5 miliar di 2021.

Proyeksi skala regional ini menunjukkan bahwa ruang tumbuh industri masih sangat besar dan membuktikan solusi bisnis berbasis teknologi yang ditawarkan LOKET masih relevan dengan kebutuhan industri hiburan di tiap segmennya, yakni lini business-to-business (B2B), untuk promotor besar dan pengelola event kecil dan menengah, maupun lini business to consumer (B2C) melalui in-house channel Go-Tix.

VP Consumer Solutions LOKET, Rama Adrian, mengatakan bahwa Loket Distribution Program (LDP) adalah sarana LOKET bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan akses masyarakat Indonesia yang lebih luas pada industri hiburan. Rama juga berharap bahwa kolaborasi pertama kalinya antara dua buah industri yang memiliki expertise yang berbeda, yakni B2B e-commerce dan hiburan, dapat berdampak positif.

Baca juga :   Sensus Ekonomi akan Bidik Bisnis Online

“Sejak dijalankan per tahun 2018, kami sekarang sudah bekerjasama dengan lebih dari 30 partner, dan dengan bergabungnya Bhinneka sebagai pemimpin pasar B2B e-commerce menjadi afiliasi Loket Distribution Program (LDP), tentunya kerja sama ini menjadi segmen pasar baru yaitu korporasi yang selama ini butuh akses ke industri hiburan secara profesional,” ungkap Rama dalam keterangan pers, Jumat (16/11/2018) di Jakarta.

Loket Distribution Program (LDP) adalah skema distribusi penjualan tiket yang disediakan LOKET untuk membangun jaringan dengan afiliasi secara online maupun offline. Afiliasi Loket Distribution Program (LDP) dapat memperoleh keuntungan dari event-event yang dikelola oleh LOKET, seperti penjualan eksklusif, komisi spesial, hingga harga spesial bagi konsumen afiliasi masing-masing melalui tiga metode distribusi, yaitu sistem Application Programming Interface (API) yang terintegrasi, Agent Dashboard, serta Widget.

“Misi LOKET untuk merevolusi industri hiburan tanah air secara komprehensif tidak dapat dikerjakan sendiri, melalui Loket Distribution Program kami sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak,” tutup Rama.

Sementara itu Ferryzal Zulkarnain, VP Services Bhinneka mengatakan dengan kerja sama ini, pelanggan Bhinneka Bisnis dapat mengakses langsung tiket pertunjukan, theme park, dan MICE untuk kebutuhan korporasi seperti outing kantor atau workshop melalui website Bhinneka Bisnis www.b2b.id.

Baca juga :   Loket.com Dekati Komunitas Yogyakarta

“Merupakan kebanggaan bagi Bhinneka, dapat bermitra dengan LOKET, sebuah platform manajemen teknologi yang telah mendukung kesuksesan berbagai event besar di Indonesia. Kami menyambut baik kemitraan seperti ini, sehingga kami dapat memberikan layanan tambahan kepada lebih dari 40.000 pelanggan B2B Bhinneka, sebuah pasar yang menjanjikan untuk pertumbuhan bisnis LOKET”, ujar Ferryzal.

Bergabungnya Bhinneka pionir e-commerce di Indonesia dalam LDP menunjukkan bahwa industri hiburan di Indonesia memiliki demand yang tinggi dan sangat potensial untuk digarap bersama.

STEVY WIDIA