Loket, KiosTix dan Blibli Bergabung Kelola Tiket Asian Games 2018

Kontingen Indonesia saat Pembukaan Asian Games ke-18 Tdi Stadion Utama Gelora. (Foto: Inasgoc/youngster.id)

youngster.id - Panitia Pelaksana Asian Games 2018 kemarin menyatakan Loket bergabung dengan KiosTix dan Blibli.com sebagai pengelola tiket pertandingan Asian Games 2018. Kolaborasi ini untuk meningkatkan pengalaman pengunjung, mulai dari peneriman tiket, akses yang mudah, hingga data yang terintegrasi lintas cabor yang tersebar di beberapa lokasi.

Loket yang berperan sebagai penyedia teknologi manajemen tiket akan melengkapi posisi Blibli.com sebagai mitra resmi penjualan tiket secara daring dan Kiostix sebagai mitra penjualan tiket offline.

CEO Loket Edy Sulistyo mengatakan tim Loket akan fokus mengimplementasikan teknologi dalam pengintegrasian sistem, pengelolaan potensi trafik antrean, verifikasi tiket-el tanpa proses penukaran voucer-el, dan pengurangan potensi kecurangan dan kesalahan distribusi tiket.

“Mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi pun terus dilakukan oleh semua pihak sepanjang pelaksanaan,” kata Edy dalam keterangannya Kamis (23/8/2018) di Jakarta.

Dia menjelaskan bahwa dalam setiap pelaksanaan acara, Loket menerapkan teknologi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan tiap klien Loket.
Edy menjelaskan, untuk Asian Games 2018, Loket akan menghilangkan proses penukaran voucer-el. Pemesan tiket akan langsung mendapatkan tiket-el yang langsung dapat digunakan sebagai tanda masuk sehingga mengurangi panjang antrean.

Baca juga :   Lenovo Brand Terpopuler di Media Sosial

Loket juga akan menerapkan sistem pengelolaan kerumunan berbasis daring untuk memastikan tiket terdistribusi dengan baik dan menghindari potensi informasi yang salah pada tiket atau satu tempat duduk didistribusikan ke beberapa pemesan (double seat).
Selain itu, Loket akan menerapkan manajemen trafik di area pertandingan yang menggunakan teknologi pindai kode batang yang presisi.

“Untuk pertandingan olahraga, khususnya, karakter penonton di Indonesia adalah mereka datang secara berkelompok sehingga pengaturan arus pengunjung di venue sangatlah krusial apalagi untuk acara sebesar ini,” kata Eko.

Sementara itu CEO Kiostix, Ade Sulistioputra mengatakan kolaborasi dengan Loket memberikan kapasitas bagi pengelola tiket untuk menambah titik distribusi sehingga bisa menangani tingginya permintaan.

Untuk penjualan tiket secara offline, terdapat beberapa titik yang melayani penjualan tiket. Pertama, di Pintu 7 Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk pembelian tiket festival. Kedua, loket di sepanjang Pintu 1 Senayan yang berada di seberang Hotel Atlet Century menyediakan tiket pertandingan badminton, renang, softbol, voli, basket, dan atletik.

Baca juga :   Lazada Indonesia Punya Bos Baru

“Hadirnya kolaborasi ini serta penambahan sejumlah titik distribusi dapat menjawab persoalan lalu lintas data yang tinggi,” ujarnya.
Sedang Senior Vice President Trade Partnership Blibli.com Ridwan Gautama mengharapkan agar kolaborasi ini bisa melayani masyarakat secara optimal.

“Sejak kami diberikan kepercayaan menjadi mitra penjualan tiket daring dari Asian Games 2018, Blibli.com dapat melayani penjualan dengan baik dan lancar,” kata Ridwan.

STEVY WIDIA