LOKET, Sasar Kegiatan Komunitas

Loket secara khusus memperkenalkan penyediaan layanan ini ke sejumlah kota dengan basis komunitas terbesar seperti Bandung. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Startup LOKET menyediakan layanan ticketing untuk event individu dan komunitas. Langkah ini diperkenalkan pertama kali di kota Bandung. Platform ini berjanji untuk memberikan kemudahan bagi event creator komunitas dan individu dalam meramaikan event mereka.

Penyelenggaraan event kerap dikaitkan dengan promotor atau perusahaan besar sebagai penyelenggaranya. Padahal, tidak sedikit pula event-event yang justru digagas oleh kelompok komunitas atau individu yang notabene berasal dari kalangan generasi muda dan usia produktif. Dengan pertumbuhan populasi mencapai 90 juta orang, para milenial dipercaya menjadi inisiator gerakan sosial ekonomi yang cenderung mengakses informasi lewat platform digital namun tetap memiliki kebutuhan untuk mendapatkan live experience dari suatu kegiatan. Hal ini terlihat dari bisnis hiburan offline yang hampir tidak pernah sepi pengunjung.

VP Consumer Solution Loket Rama Adrian menyatakan pihaknya tengah menggulirkan kampanye pemanfaatan platform Loket bagi pembuat event dan komunitas. “Awalnya kami hanya menyasar pasar besar, tapi kali ini kami akan menyasar semua kalangan termasuk komunitas. Masyarakat luas dapat menggunakan teknologi penyelenggaraan event yang kami sediakan,” ujarnya dalam keterangan resmi Selasa (10/7/2018).

Baca juga :   Target Google : Lahirkan 100.000 Developer Android di Indonesia

Berangkat dari hal tersebut, LOKET menilai peluang pertumbuhan bisnis manajemen event masih sangat luas dan sangat potensial. Melalui pengelolaan event mandiri yang sistematis dari Loket.com, siapapun kini bisa mempromosikan kegiatannya untuk menarik lebih banyak pengunjung guna meningkatkan angka penjualan tiket mereka dengan lebih signifikan.

Menurut Rama, berbagai penyelenggaraan event komunitas kerap mengalami keterbatasan bujet untuk menggunakan jasa promotor maupun perusahaan besar sebagai penyelenggara. Komunitas pun dinilai lebih mudah menggunakan platform daring untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan.

Loket secara khusus memperkenalkan penyediaan layanan ini ke sejumlah kota dengan basis komunitas terbesar yaitu Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar. Berbagai komunitas mulai dari kategori hobi, musik, budaya, seni, dan sebagainya dapat menggunakan layanan tersebut.

Loket menyediakan sistem layanan mandiri yang memungkinkan pembuat event memasang seluruh detail informasi acara secara daring. Seluruh informasi tersebut dapat diakses langsung oleh calon pengunjung secara real-time. “Kami berusaha merancang solusi yang relevan dengan kebutuhan target pasar dan end-user. Layanan mandiri sengaja dipilih untuk memberikan pengalaman event terbaik bagi kreator maupun calon pengunjungnya,” lanjutnya.

Baca juga :   DBS Galang Milenial Maknai Hidup Lewat Program Live More Society

Pembuat event dapat mengatur secara rinci seluruh rangkaian proses di dalam layanan itu. Mulai dari pendaftaran kegiatan, pilihan kanal pembayaran, sampai sistem registrasi dan sistem check-in pengunjung berbasis daring. Pengelola kegiatan juga berkesempatan mempromosikan acaranya melalui aplikasi Go-Jek dengan layanan Go-Tix.

“Bahkan, nilai lebih yang kami tawarkan adalah event para kreator lokal ini berkesempatan untuk dipromosikan ke jutaan calon pembeli melalui lebih dari sepuluh rekan afiliasi Loket Distribution Partner, termasuk Blibli, Tiket.com, Tokopedia, JD.ID dan lain sebagainya,” tambah Rama.

Sementara CEO LOKET Edy Sulistyo mengungkapkan, kehadiran Loket.com di kota-kota tersebut merupakan bagian dari komitmen LOKET untuk memperkenalkan teknologi ke semua kalangan. “Loket.com dirancang dengan semangat demokratis, artinya kami meyakini bahwa teknologi adalah milik semua kalangan. Pengalaman menggelar event yang profesional lewat dukungan teknologi kini bisa dirasakan oleh Event Creator dan calon pengunjung tanpa memandang skala event tersebut. Kalangan komunitas dan individu kini bisa mengkreasikan event mereka dengan layanan mandiri dari Loket.com,” ungkapnya.

Baca juga :   MARKAS 2017 Ajang Temu Muka Kaskuser

STEVY WIDIA